Ada Parade Budaya di Bandara Soetta, Petugas Pakai Baju Adat, Nih!

Parade ini ada sampai hari Minggu guys

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta bersama dengan Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Parade Budaya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Uniknya, para petugas juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M Awaluddin mengatakan, parade budaya ini kembali dilaksanakan setelah dua tahun vakum akibat pandemik COVID-19. Parade ini digelar sejak Jumat kemarin hingga Minggu (22/5/2022).

"Jadi saya rasa momentum ini juga untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, makanya temanya Ayo Bangkit Bersama, kita ingin bangkit lah Bandara ingin bangkit, Transportasi Udara harus bangkit juga," kata Awaluddin, Sabtu (21/5/2022).

1. Tampilkan tarian daerah di tengah Terminal 3

Ada Parade Budaya di Bandara Soetta, Petugas Pakai Baju Adat, Nih!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dalam parade tersebut, para petugas Bandara berkeliling Terminal 3 untuk membagikan souvenir. Mereka mengenakan kostum pakaian daerah dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh, Sulawesi, Papua, Banten, dan lain sebagainya.

Mereka pun menampilkan berbagai tarian daerah sesuai dengan baju daerah yang dipakainya. Aksi tersebut pun menarik perhatian para pengunjung Bandara Soetta.

"kita ingin ini menjadi aktivitas rutin di Bandara ada hal yang baru, ada new exploration. Jadi kita ekplorasi seni budaya kita dengan para pengguna jasa di sini, kemudian akan muncul engagement," jelasnya.

2. Pengelola ingin buat Bandara Soetta sebagai Tourism Hub

Ada Parade Budaya di Bandara Soetta, Petugas Pakai Baju Adat, Nih!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Awaluddin juga menuturkan, parade budaya tersebut juga bakal dibuat rutin untuk menjadikan Bandara Soetta sebagai Tourism Hub, dimana penumpang, khususnya warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia melalui Soetta bisa langsung melihat budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

"Banyak penumpang yang ingin foto-foto, selfie bikin konten ya, sehingga nanti dari situ kita akan berharap ada experience gitu, bahwa di Bandara bukan hanya sekedar untuk terbang bukan hanya untuk datang tapi Bandara juga memberikan sebuah experience baru," tuturnya.

3. Awaluddin harapkan Bandara Soetta bisa bangkit

Ada Parade Budaya di Bandara Soetta, Petugas Pakai Baju Adat, Nih!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dengan adanya parade budaya yang sudah dapat dilaksanakan kembali, ia berharap transportasi udara dapat kembali bangkit, seiring dengan kembali bangkitnya perekonomian Indonesia.

"Tapi aktivitas-aktivitas kreasi itu menurut saya sudah akan terus akan mulai dikembangkan sejalan juga dengan kelonggaran dan relaksasi prokes ini juga terjadi. Jadi kita juga tetap konsisten dengan protokol kesehatan," kata Awaluddin.

Baca Juga: Kepala Bea Cukai Bandara Soetta: Tidak Ada Mafia Impor, Itu Isu!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya