AHY Perintahkan Demokrat Tangsel Dukung Benyamin-Pilar di Pilkada 2024

Demokrat hanya dukung satu pasangan calon

Tangerang, IDN Times - Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Heri Sumardi mengungkapkan, pihaknya hanya mendukung satu pasangan calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang, yakni petahana Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan. Padahal, ada tiga bakal calon yang sudah mengambil formulir.

"Dari DPC sudah menyampaikan ke DPD dan DPP, kami hanya mengusulkan satu pasang calon Benyamin Davnie dan Pilar Saga," kata Heri, Kamis malam (2/5/2024).

Baca Juga: Serahkan Formulir Pendaftaran Cagub, Airin Ingin Gandeng PDIP

1. AHY minta Demokrat hanya mendukung pasangan petahana

AHY Perintahkan Demokrat Tangsel Dukung Benyamin-Pilar di Pilkada 2024Dok. DPC Demokrat Tangsel

Dukungan tersebut, kata Heri, berdasarkan penunjukan langsung dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sehingga, pihaknya pun tak menerima bakal calon lain.

"Clear, sesuai instruksi Ketua Umum," ujar Heri.

2. Pasangan Benyamin-Pilar dinilai berhasil menangani COVID-19

AHY Perintahkan Demokrat Tangsel Dukung Benyamin-Pilar di Pilkada 2024(Dok.IDN Times/Instagram Pilar Saga)

Heri menyampaikan alasan mendasarnya mengapa pihaknya memilih Benyamin-Pilar.  Pertama, menurut dia, petahana secara riil sudah banyak menghasilkan produk pembangunan. Walaupun tersendat karena dunia global selama dua tahun sempat dilanda pandemik COVID-19.

Kedua, lanjut Heri, hubungan emosional antara Benyamin dan Demokrat sudah pernah terjalin apik. Koalisi di Pilkada 2010 saat Benyamin mendampingi era Airin Rachmi Diany sebagai Wali Kota Tangsel definitif pascatransisi pemekaran daerah dari Kabupaten Tangerang. "Sehingga ikatan emosional Pak Benyamin dengan Demokrat cukup dekat," kata Heri. 

3. Tak akan ada calon dari internal Demokrat, baik dari pusat maupun DPC

AHY Perintahkan Demokrat Tangsel Dukung Benyamin-Pilar di Pilkada 2024IDN Times/Dini Suciningrum

Heri pun menegaskan, pihaknya telah meminta ke pengurus pusat untuk tidak mengutus bakal calon kepala daerah dari pengurus pusat Partai Demokrat. Meskipun, sempat terlihat baliho gambar Ketua DPC Demokrat Tangsel, Julham Firdaus sebagai bakal calon Wali Kota Tangsel yang terpajang di beberapa ruas jalan.

"Memang dari awal, sesungguhnya enggak serius. Karena beliau ketua partai, wajar dia memberikan warna," tegasnya.

Baca Juga: Pos IND Salurkan Bansos dan PKH di Kantorpos Tangsel Capai 93 Persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya