Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi Gak Capai Target

Sebelumnya diprediksi ada 190 ribu penumpang saat arus balik

Tangerang, IDN Times - Pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) saat arus balik diprediksi tak mencapai target. Sebelumnya, disebutkan bahwa arus balik ditargetkan ada di angka 190 ribu orang, pada Senin (15/4/2024). Namun berdasarkan manifestasi maskapai, diprediksi hanya ada 179.483 pergerakan penumpang.

"Ya, hari ini diprediksi masuk puncak arus balik Lebaran 2024 di Bandara Soekarno Hatta. Pergerakan penumpang keberangkatan mencapai 79.532 orang, kedatangan lebih banyak lagi sebanyak 99.951 penumpang, sehingga total prediksi pergerakan sebanyak 179.483 orang," ungkap Senior Manager Branch Communication and Legal, M Holik Muwardi.

1. Pergerakan pesawat diprediksi mencapai 1.155 pergerakan

Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi Gak Capai TargetIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Untuk pergerakan pesawat, bakal ada 1.155 pergerakan yang lalu lalang di Bandara Soetta. Meski begitu, AP II tetap optimis pada angka realisasi pergerakan penumpang yang akan di-update pada keesokan harinya.

"Tunggu realisasinya besok, setelah tanggal 15 atau 16 (April)," katanya.

2. Angkasa Pura II tetap pastikan kelancaran arus balik

Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi Gak Capai TargetIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Vice President of Corporate Communication AP II, Cin Asmoro menuturkan, rencana operasi telah disiapkan di seluruh bandara AP II untuk memastikan kelancaran operasional bandara, operasional penerbangan, serta pelayanan kepada penumpang pesawat. Ia mengatakan, kolaborasi dan koordinasi di antara stakeholder dilakukan semakin erat untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan bagi penumpang pesawat.

"Seluruh bandara AP II bersiap pada arus balik ini. Kami siap mengantar dan menyambut kedatangan pemudik di kota tempat mereka beraktivitas sehari-hari," tutur Cin dalam keterangan resmi.

3. Sebelumnya, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 15 April 2024

Arus Balik di Bandara Soetta Diprediksi Gak Capai TargetIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sebelumnya Direktur Operasi dan Komersial PT Angkasa Pura, Agus Haryadi mengatakan, pergerakan penumpang ataupun penerbangan akan mencapai puncaknya pada Senin, 15 April 2024. Di mana pergerakan penerbangan akan mencapai 1.200-an dan 190 ribuan pergerakan penumpang.

"Angka ini menunjukkan angka yang lebih tinggi dari puncak arus mudik di H-4, di mana di tanggal tersebut jumlah penumpang realisasinya ada di angka 187 ribu. Artinya, kita posisi bersiap untuk sambut itu dan hari ini kita akan di cek untuk kesiapannya," ujar Agus, Jumat (12/4/2024) lalu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya