Bandara Soetta Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Saat Arus Balik

Puncak arus balik diprediksi tanggal 7-8 Mei 2022

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bersiap untuk menghadapi arus balik lebaran 2022 yang diprediksi bakal mencapai puncaknya pada 7 dan 8 Mei 2022.

Menhadapi puncak arus balik kali ini, pengelola Bandara Soetta dan stakeholder di Bandara Soetta menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi lonjakan penumpang.

"Hal pertama yang kita lakukan tentunya berkoordinasi dengan stakeholder yang terlibat pada kelancaran arus balik," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Ada Hotel Bintang 4 di Terminal 3 Bandara Soetta, Cocok Buat Pemudik

1. Otoritas mengantisipasi antrean di pengambilan bagasi penumpang

Bandara Soetta Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Saat Arus BalikSumber Gambar: infotikita.blogspot.com

Berbeda dengan arus mudik yang mengalami antrean di counter check-in, kata Awaluddin, pada arus balik lebih berpotensi antrean di conveyor atau tempat pengambilan bagasi penumpang.

"Jadi, hal yang perlu diantisipasi pada saat arus balik nanti ini yang pertama adalah kolaborasi dengan maskapai, khususnya dengan ground handling. Karena memang satu kata kunci yang juga yang sangat efektif dan juga cepat bisa kita respon dalam kegiatan kedatangan di arus balik ini," ujar Awaluddin.

2. Otoritas juga mengantisipasi keterlambatan pesawat

Bandara Soetta Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Saat Arus BalikIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Awaluddin menjelaskan, pihaknya juga akan berkoordinasi secara intens dengan pihak maskapai untuk menyesuaikan jadwal penerbangan yang diprediksi akan meningkat pada arus balik ini serta penanganan jadwal keterlambatan penerbangan dari bandara origin.

"Kita koordinasikan dengan maskapai masalah penjadwalan karena juga sama, apabila sudah rotasi pergerakan pesawat atau delay (keterlambatan) di satu titik originasi, ini juga akan berdampak ke destinasi khususnya Soekarno-Hatta," ujarnya.

3. Petugas akan memaksimalkan operasional transportasi darat

Bandara Soetta Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Saat Arus BalikBus DAMRI (Dok.Humas Damri)

Selain itu kata Awaluddin, pihaknya juga menyiapkan pengaturan untuk transportasi darat (land transportation) yang akan digunakan oleh pemudik yang balik melalui Bandara Soetta.

"Jadi bagaimana kemudian kesiapan kereta bandara, kesiapan bis yang keluar dari Bandara, termasuk juga taksi, taksi online, termasuk juga pengaturan penjemputan penumpang yang datang dari luar bandara untuk menjemput para pemudik yang kembali," imbuhnya.

4. Terminal 1B bakal dibuka jika dibutuhkan

Bandara Soetta Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang Saat Arus BalikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Otoritas Bandara Soetta juga kemungkinan akan untuk mengaktifkan Sub Terminal 1B, khususnya Terminal Kedatangan untuk melayani pemudik yang kembali pada puncak arus balik. Sehingga tidak terjadi penumpukan saat lalu lintas (traffic) penumpang meningkat pada jam - jam sibuk.

"Jadi apabila Terminal 1A yang dibuka ada potensi ledakan traffic atau perjalanan penumpang, kami akan mengaktifkan Terminal 1B. Sehingga nanti keleluasaan dan kenyamanan dan kecepatan dari layanan arus balik jadi satu hal yang pasti baik operator bandara maupun bagi penumpang," jelas Awaluddin.

Menurut Awaluddin, saat ini Terminal 1B dalam posisi bersiap (standby) dan siap diaktifkan dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk melayani penumpang apabila terjadi lonjakan pada arus balik.

"Persis seperti halnya kami juga mengaktifkan Kereta antar terminal (Skytrain) dan sebagainya ya, termasuk sejumlah fasilitas pendukung lain yang apabila memang dibutuhkan untuk itu tadi konteksnya kecepatan, ketepatan dan kenyamanan dari layanan terhadap arus angkutan lebaran pada tahun ini," kata Awaluddin.

Meski begitu, Awaluddin mengimbau kepada para pemudik yang akan kembali dengan pesawat terbang sebaiknya menata waktu kepulangannya agar terhindar dari penumpukan pada jam - jam sibuk di puncak arus balik lebaran ini.

"Harapan kami, masyarakat tidak semuanya nanti memilih pulang di tanggal 7 dan 8, tetapi juga sebelum tanggal 7 dan 8 Mei itu juga sudah mulai memberikan satu antisipasi untuk kemudian mereka juga bisa melakukan perjalanan kembali dari mudik sehingga kebutuhan perjalanannya nyaman, cepat dan kemudian kepastian itu juga bisa mereka dapatkan," tuturnya.

Baca Juga: Musim Mudik, Bandara Soetta Terima 720 Permintaan Extra Flight

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya