Bandara Soetta Operasionalkan East Flyover Saat Musim Mudik Lebaran

Pengendara dari Perimeter Utara tak perlu lagi memutar jauh

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bakal mengoperasikan East Flyover yang berada di pintu masuk arah Timur bandara tersebut,  di musim mudik Lebaran 2024. Pengoperasian East Flyover tersebut untuk kelancaran pada penumpang yang akan menuju dan keluar dari Bandara tersebut.

"Lonjakan lalu lintas yang jadi kekhawatiran alhamduilllah dalam bulan terakhir ini, kami sudah ngebut mempersiapkan atau menyelesaikan aksesibilitas, kami sebutnya East Flyover," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: Cari Kue Kering? Coba ke Bazar Ramadan Berkah di T2F Bandara Soetta

1. East Flyover mulai beroperasi pada 1 April 2024

Bandara Soetta Operasionalkan East Flyover Saat Musim Mudik LebaranPenerbangan maskapai di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Instagram Airport SMB II)

Adapun, pihaknya telah soft launching dan menguji coba arus lalu lintas dan kenyamanan pelintas saat melintasi East Flyover tersebut pada 20 Maret 2024 lalu. Diketahui, flyover tersebut menghubungkan Perimeter Utara Bandara Soetta dengan pintu masuk dan keluar Bandara sehingga pengendara dari arah Perimeter Utara tak perlu lagi memutar melalui Jalan Prancis dan Jalan Husein Sastranegara.

"Harapan kami dengan nanti beroperasi di tanggal 1 April 2024 sebelum periode angkutan lebaran bisa mengurai lonjakan lalu lintas dari dan menuju Bandara Soetta, dimana 70 persennya pelintas," kata Dwi.

2. Periode mudik lebaran di Bandara Soetta mulai 3-18 April 2024

Bandara Soetta Operasionalkan East Flyover Saat Musim Mudik LebaranDok. Imigrasi Bandara Soetta

Adapun, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan periode mudik lebaran di Bandara Soetta, di mana akan dimulai pada 3-18 April 2024. 

"Kami buka posko sebagaimana dengan instruksi Kementerian Perhubungan dalam periode yang sama, persiapan tentunya sebelum memasuki periode, kami siapkan personel dan fasilitas ataupun koordinasi kepada instasi terkait dengan penyelenggaraan lebaran," tuturnya.

3. Pergerakan pesawat mulai naik, tapi masih di angka normal

Bandara Soetta Operasionalkan East Flyover Saat Musim Mudik LebaranIlustrasi penumpang pesawat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Biasanya, kata Dwi, di awal Ramadan atau dua minggu sebelum lebaran, pergerakan pesawat di Soetta  turun. Per hari ini, imbuhnya, pergerakan pesawat mulai naik, tapi masih di angka normal. 

"Perkiraan kami memang nanti menjelang akhir bulan menuju tanggal 3 April dan puncak arus tanggal 6 sesuai data pembelian tiket pesawat banyak di tanggal 6 April," jelasnya.

Baca Juga: Dimyati Natakusumah Didorong Maju Pilgub Banten 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya