Banyak Beralih Jadi Wirausaha, Pencaker di Kabupaten Tangerang Menurun

Dilihat dari menurunnya pembuat kartu kuning

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang mencatat, terdapat penurunan jumlah pemohon kartu pencari kerja atau kartu kuning pada tahun 2022 ini. Terhitung Januari hingga Juni 2022 baru mencapai 21.531 orang. 

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang terhitung sejak Januari sampai dengan Desember 2021 yang mencapai 47.514," jelas Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati, Kamis (14/7/2022).

1. Banyak masyarakat beralih menjadi wirausaha

Banyak Beralih Jadi Wirausaha, Pencaker di Kabupaten Tangerang MenurunIDN Times / Nana Suryana

Iis menjelaskan, adanya penurunan pencaker ini diduga pihaknya lantaran adanya peralihan masyarakat, di mana sebelumnya berbondong-bondong menjadi karyawan, saat ini berwirausaha.

"Terlebih saat pandemik banyak perusahaan yang tidak membuka lowongan pekerjaan," jelasnya.

2. Mayoritas mengajukan kartu kuning pencaker fresh graduate

Banyak Beralih Jadi Wirausaha, Pencaker di Kabupaten Tangerang Menurunilustrasi lowongan kerja (IDN Times/Nathan Manaloe)

Ia menuturkan, sebagian besar dari pemohon didominasi oleh siswa baru lulusan SMA atau SMK sederajat, karena rata-rata baru menyertakan bukti kelulusan tanpa menyertakan ijazah.

"Kebanyakan pemohon ini lulusan baru tahun 2021-2022 karena mereka bisa mengajukan hanya dengan menyertakan surat kelulusan tanpa ijazah dan itu sudah boleh membuat AK-1," tuturnya. 

3. Pencaker bisa mencari loker di laman milik Disnaker Kabupaten Tangerang

Banyak Beralih Jadi Wirausaha, Pencaker di Kabupaten Tangerang MenurunIlustrasi pencari kerja. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Untuk para pencaker, Iis menjelaskan, bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan di wilayah Kabupaten Tangerang melalui laman siapkerja.tangerangkab.go.id. Pada laman tersebut juga terdapat informasi mengenai adanya Job Fair online yang biasanya diadakan setiap tahun.

"Sehingga bisa mempermudah pencaker dalam mencari lowongan pekerjaan," jelasnya.

Baca Juga: Dua Putra Kabupaten Tangerang Unjuk Gigi Sepak Bola Piala Dunia Anak

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya