Delegasi dan Jurnalis G20 Bebas Visa Melalui Bandara Soekarno-Hatta

Petugas siapkan alur khusus untuk delegasi dan jurnalis G20

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Delegasi dan jurnalis Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bebas Visa melintas di Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut berlaku mulai Selasa (1/11/2022). 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto mengatakan, fasilitas Bebas Visa Kunjungan (BVK) bagi delegasi G20 dan jurnalis, tentunya kan mempermudah mereka untuk memasuki Indonesia. 

"Dengan fasilitas ini mereka hanya perlu datang ke Indonesia dengan memenuhi syarat yang telah ditentukan," ujar Tito.

1. Delegasi dan jurnalis G20 bakal langsung diberikan izin masuk

Delegasi dan Jurnalis G20 Bebas Visa Melalui Bandara Soekarno-HattaIDN Times/Dok. Imigrasi Bandara Soetta

Nantinya, kata Tito, petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) akan langsung memberikan izin masuk. Menurut Tito, salah satu target utama yang ingin dicapai oleh Imigrasi terhadap penerapan kebijakan ini tentunya event G20 dapat berjalan lancar dari awal sampai dengan akhir. 

"Tujuan utama dari kebijakan ini adalah untuk memperlancar pelaksanaan KTT G20 yang berlangsung di Bali," ucapnya. 

2. BVK sebagai upaya presidensi positif terhadap Indonesia

Delegasi dan Jurnalis G20 Bebas Visa Melalui Bandara Soekarno-HattaIDN Times/Dok. Imigrasi Bandara Soetta

Tito  berharap dengan adanya kebijakan seperti BVK maupun fasilitas lainnya dapat membantu kesuksesan pelaksanaan KTT G20, sehingga pandangan publik internasional semakin positif terhadap presidensi Indonesia.

"Kita juga berharap hasil dari KTT G20 nantinya dapat membawa kebaikan bagi semua," jelasnya.

3. Imigrasi Soetta siapkan alur kedatangan delegasi dan jurnalis G20

Delegasi dan Jurnalis G20 Bebas Visa Melalui Bandara Soekarno-HattaIDN Times/Dok. Imigrasi Bandara Soetta

Untuk melancarkan upaya tersebut, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang layanan untuk menyambut kedatangan delegasi G20 dan jurnalis meliput forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan itu. Salah satunya, alur kedatangan. 

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta Verico Sandi mengatakan, ada empat pintu keluar yang disiapkan ketika para delegasi dan jurnalis tiba di Bandara Soekarno-Hatta. 

Empat titik itu meliputi, konter 1 kedatangan Terrminal 3 internasional, Lounge G20 (area gate 1 kedatangan T3 internasional)  menggunakan mobile unit, Gedung VVIP Terminal 3 menggunakan mobile unit dan  Shapir lounge (CIP) menggunakan mobile unit.

"Petugas yang melayani delegasi G20 masing ada 2 petugas setiap titiknya," ungkap Verico. Selain itu, kata dia, petugas di sana oun stanby 24 jam untuk melayani delegasi dan jurnalis yang meliput di G20.

Baca Juga: Sterilisasi Bahan Peledak, 12 K-9 dan 4 Kuda Ikut Amankan KTT G20

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya