Dengar Aspirasi, Pj Wali Kota Tangerang Temui Pedagang Pasar Anyar

Pedagang sempat menolak tempat relokasi yang disediakan

Tangerang, IDN Times - Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin kembali menemui para pedagang Pasar Anyar Tangerang untuk membahas terkait keinginan para pedagang untuk pindah ke lokasi yang tak jauh dari tempat semula mereka berdagang.

Dalam pertemuan tersebut, Nurdin mengatakan, selama ini Pemerintah Kota Tangerang sudah berusaha untuk memfasilitasi keinginan para pedagang-- termasuk keinginan untuk pindah ke Balekota dan juga Pasar Mambo. Namun, kata dia, pihak pedagang juga harus memperhatikan aspek lain, baik dari daya tampung lokasi maupun perizinan untuk ditempati.

"Kami akan mencari titik temu dengan pedagang. Kami akan lihat berapa yang bisa menampung pedagang ini. Pilihannya mau berdesak-desakan atau pindah ke lokasi yang telah disiapkan oleh Pemkot,” ujarnya.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Anyar,  4 Titik Jalan Ditutup

1. Lokasi relokasi yang sudah pasti berada di dua lokasi

Dengar Aspirasi, Pj Wali Kota Tangerang Temui Pedagang Pasar AnyarDok. Pemkot Tangerang

Untuk saat ini, Pemkot Tangerang telah menyiapkan lokasi pedagang, yaitu di Plaza Sinta dan Metropolis. Kedua lokasi tersebut sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan jual-beli pedagang Pasar Anyar.

“Namun pedagang ini khawatir, pelanggannya hilang jika di pindah ke lokasi tersebut. Kalau kendalanya takut pembelinya sedikit di plaza shinta itu potensial pembelinya banyak, karena di Karawaci ada 180 ribu penduduknya,"ujar Nurdin.

2. Jika tak ingin dipisah lokasi, pedagang bisa memilih ke Plaza Shinta

Dengar Aspirasi, Pj Wali Kota Tangerang Temui Pedagang Pasar AnyarDok. Pemkot Tangerang

Lalu, jika pedagang ingin tetap di satu lokasi, pilihannya di Plaza Shinta juga bisa menampung semua karena berkapasitas setara mol tiga lantai. Selain itu, Nurdin juga memastikan setelah tahap revitalisasi, para pedagang yang ditelokasi akan tetap mendapatkan kios di Pasar Anyar. 

"Setelah revitalisasi, jumlah kios yang kota siapkan sebanyak 1.600 an, lebih banyak dari yang saat ini hanya 578,” sebutnya.

3. Pasar Anyar bakal direvitalisasi dengan konsep baru

Dengar Aspirasi, Pj Wali Kota Tangerang Temui Pedagang Pasar AnyarDok. Pemkot Tangerang

Selain itu, Pasar Anyar juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka hijau. Hal ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Setelah sudah rapih dan nyaman, Pasar Anyar juga bakal diperuntukkan sebagai tempat atau destinasi wisata.

Desain pasar diklaim bakal lebih modern menyerupai mol atau pusat perbelanjaan sehingga, memberi kesan nyaman untuk orang berbelanja kebutuhan pokok, sayuran, buah-buahan, pakaian, emas perak, dan kebutuhan lainnya,

“Tujuan dari revitalisasi ini untuk menyesuaikan bangunan pasar sesuai dengan penataan ruang kota, lalu lebih representative, membuat lingkungan pasar yang jauh lebih aman dan nyaman, serta adanya pelayanan publik,” ujar Nurdin.

Baca Juga: Revitalisasi Dimulai, Pasar Anyar Tangerang Segera Dipagar 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya