East Flyover Beroperasi Besok, Arus Bandara Soetta Dialihkan

Sejumlah jalan juga bakal ditutup

Tangerang, IDN Times - East Flyover yang berada di pintu masuk Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bakal mulai beroperasi 1 April 2024 besok. Pengoperasian flyover yang menghubungkan akses Perimeter Utara-Perimeter Selatan-Bandara Soetta tersebut bakal menyebabkan sejumlah arus lalu lintas (lalin) dialihkan.

"Langkah ini diambil sebagai respons atas meningkatnya volume kendaraan dan demi memastikan pengalaman perjalanan penumpang ke bandara lebih lancar," kata Senior Manager of Branch Communication & Legal, M Holik Muardi.

1. Polisi bakal ditempatkan di titik-titik rawan

East Flyover Beroperasi Besok, Arus Bandara Soetta DialihkanDok. Bandara Soetta

Holik menuturkan, polisi lalu lintas dan petugas keamanan bandara akan ditempatkan untuk membantu mengatur arus lalu lintas dan memberikan bantuan kepada pengendara yang membutuhkan. Holik mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk memperhatikan petunjuk dan pengaturan lalu lintas yang telah ditetapkan selama pengalihan ini.

"Kami memahami bahwa pengalihan dan perubahan jalan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan. Dengan begitu, saat ini kami telah mensosialisasikan pengalihan dan perubahan jalan dari dan menuju bandara melalui signed/banner himbauan di beberapa titik jalur serta melalui media sosial Soekarno-Hatta agar masyarakat mengetahui perubahan jalur tersebut,” ujar Holik.

2. Diharapkan pengoperasian East Flyover bisa memberi kenyamanan tambahan bagi pengguna jasa

East Flyover Beroperasi Besok, Arus Bandara Soetta DialihkanDok. Bandara Soetta

Holik juga menambahkan, beroperasinya East Flyover ini merupakan upaya peningkatan kualitas pelayanan manajemen Bandara Soekarno-Hatta kepada pengguna jalan dari dan menuju bandara,

“Kami berharap masyarakat dapat beradaptasi dengan pengalihan dan perubahan jalan ini. Beroperasinya East Flyover ini merupakan pelayanan Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh pengguna jalan serta untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan yang menghubungkan ke Bandara Soekarno-Hatta khususnya via Perimeter Utara dan Perimeter Selatan," ungkapnya.

3. Berikut sistem pengalihan arus lalu lintas

East Flyover Beroperasi Besok, Arus Bandara Soetta DialihkanDok. Bandara Soetta

Pengguna jalan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari arah Perimeter Selatan dan Perimeter Utara dihimbau untuk menggunakan perubahan jalur yang telah disediakan.

  • Rute Perimeter Utara ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perimeter Utara–East Flyover–Perimeter Selatan–Pos 25 Selatan–Diagonal Selatan–Jalan P1
  • Rute Perimeter Selatan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perimeter Selatan–Pos 25 Selatan–Diagonal Selatan–Jalan P1

Untuk rute dari Bandara Soetta ke luar menuju Perimeter Utara dan Perimeter Selatan bakal melalui jalur baru, yakni:

  • Rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Perimeter Utara. Jalan P2–Diagonal Utara–Perimeter Utara
  • Rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Perimeter Selatan. Jalan P2–Diagonal Utara–Putaran Utara–East Flyover–Perimeter Selatan
  • Rute Perimeter Utara ke Perimeter Selatan. Perimeter Utara–East Flyover–Perimeter Selatan
  • Rute Perimeter Selatan ke Perimeter Utara. Perimeter Selatan–Pos 25 Selatan–East Flyover–Perimeter Utara

Selain pengalihan arus, terdapat juga penutupan akses jalan yang biasanya dilalui pengendara baik untuk masuk maupun ke luar Bandara Soetta. 

  • Penutupan akses U-turn dari Jalan P2 menuju Jalan P1. Kendaraan yang akan memutar balik dari Jalan P2 dapat menggunakan rute berikut ini; Jalan P2–Diagonal Utara–Putaran Utara–East Flyover–Pos 25 Selatan–Diagonal Selatan–Jalan P1, dan seterusnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya