Hujan Deras, Sejumlah TPS di Kabupaten Tangerang Dikepung Banjir

Warga terjang banjir untuk menyalurkan hak pilihnya

Tangerang, IDN Times - Akses menuju TPS 109, 110, 111, dan 112 di RW 020, Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang terendam banjir pada Rabu (14/2/2024). Banjir tersebut terjadi usai hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak Rabu dini hari. 

Genangan banjir setinggi 30 hingga 40 centimeter (cm). Anwar Rivai, Ketua RW 020, Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang mengatakan, terdapat 220 warga yang masuk dalam daftar DPT di masing-masing TPS tersebut.

"Banjir sejak jam 5 subuh," kata Anwar.

Ratusan warga yang akan menggunakan hak pilihnya pun terpaksa harus menerjang banjir setinggi lutut orang dewasa tersebut.  Untungnya, lokasi TPS berada di dalam gedung olahraga (GOR) yang lebih tinggi sehingga air tak sampai masuk ke dalam lokasi pencoblosan. 

Setidaknya, sekitar 100 kepala keluarga di pemukiman tersebut yang terendam banjir. Meski begitu, sejak pukul 06.00 WIB. Petugas TPS sudah bersiaga di lokasi TPS. Mulai dari persiapan, pengambilan sumpah, hingga menghitung kertas suara.

"Akses jalannya yang terendam, tapi untuk lokasi pencoblosannya aman, tidak kebanjiran," ujar Anwar.

Meski begitu, pihaknya menyiagakan satu unit perahu karet di Masjid AnNur, yang lokasinya tak jauh dari TPS. Hal ini untuk menjemput para pemilih bilamana banjir sudah tidak bisa dilalui.

"Ada perahu karet, kemarin itu sumbangan dari salah satu Caleg DPR RI. Kami siagakan menjemput warga untuk menyoblos, atau untuk evakuasi jika diperlukan," ujarnya.

Baca Juga: Demi Pemilu, Warga Baduy Luar Pulang ke Kampung Adat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya