Bed Occupancy menipis, Pemkab Tangerang Tambah Kapasitas Hotel Singgah

Pasien COVID-19 terus bertambah

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kabupaten Tangerang saat ini masih dalam zona merah penyebaran COVID-19. Pasalnya, banyak warga yang terpapar COVID-19 saat libur Natal dan tahun baru 2021.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, saat ini kasus di Kabupaten Tangerang masih terus meningkat. "Rata-rata yang positif per hari 30 sampai 60 orang," ujar Zaki, Senin (25/1/2021). 

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

1. Bed Occupancy Rate (BOR) COVID-19 terisi 87 persen

Bed Occupancy menipis, Pemkab Tangerang Tambah Kapasitas Hotel SinggahIlustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Zaki mengungkapkan, saat ini Bed Occupancy Rate (BOR) untuk perawatan pasien COVID-19 semakin menipis dan kini sudah terisi hingga 87 persen. 

"Sementara BOR ICU pasien COVID-19 sudah 95,6 persen per 22 Januari 2021 atau akhir pekan lalu," kata Zaki. 

2. Fasilitas hotel singgah juga penuh

Bed Occupancy menipis, Pemkab Tangerang Tambah Kapasitas Hotel SinggahIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Zaki mengungkapkan, Hotel Singgah Yasmin yang disiapkan pihaknya untuk pasien COVID-19 non-bergejala pun saat ini sudah seluruhnya terisi. 

"Dari 180 kamar yang dipersiapkan, semua sudah terisi dan masih ada yang mengantre," ungkap Zaki. 

3. Berencana tambah kapasitas tempat tidur hotel singgah, rumah sakit, dan ICU

Bed Occupancy menipis, Pemkab Tangerang Tambah Kapasitas Hotel SinggahIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Untuk mengantisipasi kapasitas bed tersebut, Zaki dan pihaknya menyebut akan menambah jumlah tempat tidur dan ICU. Ia menyatakan di Februari, akan ada penambahan sekitar 150 tempat tidur dan sekitar 12 ICU.

“Apabila di Februari jumlah kasusnya masih tinggi, kami juga sedang mempersiapkan alternatif berikutnya, yakni mengoperasikan hotel singgah baru, di sana ada sekitar 100 kamar yang bisa terisi 120 pasien,” ucapnya.

4. Kasus konfirmasi positif mencapai 6.234 orang

Bed Occupancy menipis, Pemkab Tangerang Tambah Kapasitas Hotel SinggahIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dari data yang dilansir dari situs covid-19.tangerangkab.go.id, angka konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tangerang mencapai 6.234 orang. Dimana, untuk kasus konfirmasi dirawat 199 orang, kasus konfirmasi isolasi mencapai 121 orang, dan yang sembuh mencapai 5.776 orang. Sementara untuk kasus meninggal dunia mencapai 138 orang.

Baca Juga: Dapat Jatah 22.820 Dosis, Pemkot Tangerang Vaksinasi 190 Nakes

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya