Imigrasi Bandara Soetta Sediakan Layanan Khusus untuk Paus Fransiskus

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba pada 3 September 2024

Tangerang, IDN Times - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Soekarno-Hatta menyiapkan fasilitas pemeriksaan Imigrasi khusus untuk menyambut kedatangan YM Sri Paus Fransiskus di Indonesia. Diketahui, Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia pada 3 September 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Subki Miuldi mengatakan, pihaknya menyediakan fasilitas jalur VIP pemeriksaan keimigrasian, di mana layanan VIP tersebut juga diberikan kepada pejabat dinas dan diplomatik yang mendampingi Paus dalam kunjungan apostoliknya.

"Kami juga menerjunkan tim pengawasan keimigrasian di sejumlah titik strategis di bandara untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemeriksaan keimigrasian," ungkap Subki, Senin (2/9/2024).

Baca Juga: 270 Petugas Siaga Amankan Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

1. Fasilitas layanan VIP Imigrasi diharapkan bisa mempercepat proses pemeriksaan

Imigrasi Bandara Soetta Sediakan Layanan Khusus untuk Paus FransiskusPaus Fransiskus ketika memimpin misa. (www.instagram.com/@franciscus)

Fasilitas keimigrasian di terminal VIP bandara ini diharapkan dapat mempercepat proses pemeriksaan di tengah padatnya aktivitas internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Subki Miuldi menjelaskan bahwa layanan VIP ini bukanlah yang pertama kali diberikan.

"Sebelumnya fasilitas serupa pernah diberikan saat perhelatan KTT G20 dan KTT ASEAN," ungkapnya.

2. Imigrasi Soetta juga berkoordinasi dengan berbagai instansi

Imigrasi Bandara Soetta Sediakan Layanan Khusus untuk Paus FransiskusIlustrasi Paus Fransiskus (Instagram @franciscus)

Selain memastikan kelancaran proses keimigrasian, Subki menegaskan pentingnya koordinasi dengan instansi terkait untuk menjamin keamanan selama kunjungan Paus Fransiskus. Tim pengawasan akan bekerja sama dengan otoritas bandara dan aparat keamanan Komunitas Bandara Soeakrno-Hatta (Kombata) untuk menjaga kelancaran kegiatan di Bandara Soekarno-Hatta selama proses kedatangan.

"Kami berharap, fasilitas keimigrasian yang kami sediakan dapat mendukung kelancaran kunjungan apostolik dari Tahta Suci Vatikan, serta pelaksanaan misa akbar yang akan diselenggarakan di Jakarta," ujar Subki.

3. Paus Fransiskus bakal disambut di Terminal VIP Bandara Soetta

Imigrasi Bandara Soetta Sediakan Layanan Khusus untuk Paus FransiskusPaus Fransiskus (NovaGrid.id)

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 270 petugas disiagakan untuk mengamankan kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus di Bandara Soetta. Paus Fransiskus bakal berada di Indonesia mulai 3 hingga 6 September 2024.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi mengatakan, personel ini terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat. 

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek keamanan, baik di darat maupun udara, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan," kata Holik, Senin (2/9/2024).

Baca Juga: Kebakaran di Bandara Soetta, 2 Orang Diperiksa

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya