Jumlah Warga Miskin Kabupaten Tangerang Naik 

6,93 persen warga Tangerang ada di bawah garis kemiskinan

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 6,93 Persen masyarakat di Kabupaten Tangerang berada dalam angka kemiskinan. Presentase tersebut naik 0,01 persen dibandingkan tahun 2023.

"Ada sedikit kenaikan, walau tidak signifikan. Secara persentase tingkat kemiskinan dari 6,92 persen ke 6,93 persen," kata Kepala BPS Kabupaten Tangerang Husin Maulana, Minggu (5/5/2024).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Sediakan Konseling buat Pecandu Judi Online

1. Batas bawah pendapatan per kapita adalah Rp604.362

Jumlah Warga Miskin Kabupaten Tangerang Naik IDN Times/Candra Irawan

Husin mengungkapkan, penetapan batas bawah pendapatan per kapita garis kemiskinan yakni Rp604.362 pada tahun 2023. Hal tersebut, mengubah secara ekonomi dan pendapatan yang berdampak pada besarnya kebutuhan konsumsi masyarakat dan menjadi faktor naiknya garis kemiskinan.

"Apalagi memang kita baru pulih dari COVID-19," jelasnya.

2. Kenaikan dipicu krisis global

Jumlah Warga Miskin Kabupaten Tangerang Naik IDN Times/Candra Irawan

Husin mengungkapkan, adanya kenaikan angka kemiskinan di Kabupaten Tangerang lantaran adanya krisis global saat dan pasca pandemik COVID-19 . Apalagi, saat ini wilayah tersebut telah masuk dalam zona ekonomi global.

"Ini menjadikan wilayah tersebut secara ekonomi dan pendapatan ke dalam zona global perkotaan," ujarnya.

3. Tren kenaikan angka kemiskinan sudah terjadi sejak tahun sebelumnya

Jumlah Warga Miskin Kabupaten Tangerang Naik IDN Times/Candra Irawan

Ia membeberkan data pertumbuhan kemiskinan per kapita di Kabupaten Tangerang sudah menunjukkan tren kenaikan sejak tahun sebelumnya, yakni pada 2020. Hal tersebut, mengubah secara ekonomi dan pendapatan yang berdampak pada besarnya kebutuhan konsumsi masyarakat dan menjadi faktor naiknya garis kemiskinan.

"Pertumbuhan garis kemiskinan pada 2020 tercatat 9,25 persen, 2021 sebanyak 4,67 persen, 2022 tercatat 5,70 persen, dan tahun 2023 sebanyak 4,90 persen," ungkapnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya