Kejar Target Nasional, Swasta Diminta Bikin Sentra Vaksinasi

Baru 54,4 persen warga Tangerang divaksinasi dosis satu

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemerintah pusat menargetkan 2,3 juta penduduk divaksinasi per hari di bulan September 2021. Hal tersebut untuk mengejar target herd immunity, terutama di daerah aglomerasi dengan DKI Jakarta. 

"Pemkab Tangerang juga diminta untuk kejar vaksinasi agar mencapai target tersebut," ujar Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, usai memantau vaksinasi di sekolah Tarsisius, Vireta, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: Jokowi Soroti Ketimpangan Capaian Vaksinasi di Banten 

1. Pemkab Tangerang minta masyarakat yang sudah divaksin jadi agen untuk lingkungan sekitar

Kejar Target Nasional, Swasta Diminta Bikin Sentra VaksinasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Zaki mengungkapkan, untuk menyukseskan target vaksinasi tersebut,  peran serta masyarakat menjadi penting. Mereka yang sudah menerima vaksinasi, diminta menjadiagen bagi keluarga dan lingkungan sekitar supaya orang yang mau divaksinasi semakin banyak. 

"Mengingatkan anggota keluarganya dan kerabatnya yang belum divaksin, untuk segera mendatangi puskesmas terdekat guna mendapatkan jadwal untuk divaksin," jelasnya. 

2. Buat sentra vaksinasi bekerja sama dengan swasta

Kejar Target Nasional, Swasta Diminta Bikin Sentra VaksinasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Zaki menuturkan, salah satu upaya untuk memperluas cakupan vaksinasi yakni dengan bekerjasama dengan pihak swasta. Kali ini, pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Upaya Indonesia Damai atau yang juga dikenal sebagai United in Diversity (UID) dan Yayasan Indonesia Untuk Semua (YIUS). 

"Peran aktif semua pihak diharapkan dapat mempercepat tercapainya target vaksinasi di Kabupaten Tangerang," tuturnya. 

Ketua Dewan Pembina Yayasan UID, Tuti Hadiputranto mengatakan, sentra vaksinasi ini merupakan yang pertama dibuka UID-YIUS di Kabupaten Tangerang. 

"Hari ini ada 2.000 dosis vaksin SINOVAC yang disediakan untuk pelajar dan masyarakat umum," ujarnya. 

Menurutnya, bukan hanya di Kabupaten dan Kota Tangerang saja, perluasan sentra vaksinasi juga disiapkan di beberapa kota lainnya di Jawa, Bali, Sumatera, dan Kalimantan. Dimana PT Indo Muro Kencana dan PT Indexim Coalindo ikut juga mendukung, yang seluruhnya berkolaborasi dengan Pemda, Dinas Kesehatan serta instansi TNI dan Polri setempat.

"Dan dengan dukungan Gajah Tunggal, ingin berkontribusi dengan menyiapkan sentra-sentra vaksinasi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan laju vaksinasi tersebut,"katanya. 

Sementara, Presiden Direktur PT Gajah Tunggal, Sugeng Rahardjo mengatakan, program pendirian sentra-sentra vaksinasi ini adalah untuk mempercepat pencapaian sasaran vaksinasi 70 persen masyarakat, demi terbentuknya herd immunity dan Indonesia pulih dari pandemik COVID-19. 

"Kami dari pihak swasta senantiasa mendukung upaya pemerintah dan berusaha membantu kelompok masyarakat yang peduli untuk mendirikan sentra vaksinasi bagi percepatan pemulihan Indonesia yang juga mendorong pemulihan ekonomi nasional," katanya.

3. Sudah 54,4 persen masyarakat Kabupaten Tangerang divaksinasi dosis pertama

Kejar Target Nasional, Swasta Diminta Bikin Sentra VaksinasiIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Dilansir dari website Covid-19.tangerangkab.go.id, sudah 54,4 persen atau 1.368.131 masyarakat Kabupaten Tangerang yang divaksinasi dosis pertama. Sementara, sudah 27,1 persen atau 681.765 masyarakat Kabupaten Tangerang yang divaksinasi dosis kedua. 

Baca Juga: Wilayah di Banten Ini Tertinggi Capaian Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya