Kurangi Panas dan Polusi, 2.000 Pohon Ditanam di Area Bandara Soetta

Total ada 10 ribu pohon di 20 Bandara PT Angkasa Pura II

Tangerang, IDN Times - Untuk mengurangi suhu panas dan polusi di wilayah Jabodetabek, sebanyak 2.000 pohon ditanam di kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Penanaman tersebut dilakukan oleh seluruh karyawan yang ada di lingkup Bandara Soetta, Jumat (6/10/2023).

"Ini merupakan salah satu kegiatan turunan dari Presiden kita untuk Indonesia Hijau. Di mana turun lagi ke BUMN, dan kami salah satunya di Angkasa Pura II. Kita kebagian di awal ini 2000 pohon untuk dimanfaatkan di Angkasa Pura II," ujar Executive General Manager Bandara Soetta, Dwi Ananda Wicaksana.

Baca Juga: DLH Lebak: Belum Ada Kerja Sama Pengiriman Sampah dari Tangsel 

1. Diharapkan, pohon-pohon itu bakal rimbun di masa depan

Kurangi Panas dan Polusi, 2.000 Pohon Ditanam di Area Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adapun, pohon-pohon berjenis trembesi tersebut diharapkan bakal tumbuh rimbun di kawasan yang memang cukup gersang di Bandara Soetta. Selain mengurangi suhu panas, juga diharapkan bisa mempercantik Bandara Soetta dengan penghijauan.

"Kalau kita lihat ini juga cukup tandus ya, padahal kalau dari Terminal kelihatan keluar. Ini harapannya nati bisa rimbun di sini. kalau di sini spacenya sudah tidak memadai kita juga masih punya area-area di sekeliling Bandara. Tentunya tetap mengikuti persyaratan keselamatan penerbangan," jelasnya.

2. Pohon berbuah juga dibagikan ke karyawan Bandara Soetta

Kurangi Panas dan Polusi, 2.000 Pohon Ditanam di Area Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain ditanam di kawasan Bandara Soetta, ribuan pohon juga dibagikan ke karyawan PT Angkasa Pura II. Pohon yang dibagikan merupakan pohon berbuah sehingga bisa ditanam di lingkungan masing-masing karyawan.

"Untuk pohonnya yang buah, sementara ini kita bagi kepada karyawan untuk di tanam di rumah atau di lingkungan RT/RWnya masing-masing, sehingga ini juga sekaligus mendukung program employee volunteer dari BUMN. Karyawan yang turut serta berpartisipasi dalam program-program BUMN," tuturnya.

3. Sebanyak 10 ribu pohon juga dibagikan di 20 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II

Kurangi Panas dan Polusi, 2.000 Pohon Ditanam di Area Bandara SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Director of Human Capital PT Angkasa Pura II, Ajar Setiadi mengatakan, selain di Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II juga menanam dan membagikan 10 ribu pohon di seluruh cabang Bandara yang dikelolanya. Namun, memang yang terbanyak ada di Bandara Soetta.

"Kami melibatkan warga sekitar (Bandara) di bagi pohon, lokasi penanaman juga mereka akan menentukan sendiri. Tapi di samping itu kita melibatkan karyawan bila diperlukan. Jadi kalau karyawan yang rumahnya ada lahan kalau mau menanam pohon, kami akan gratiskan. Jadi itu target kami, setiap karyawan berkontribusi," ungkapnya.

Ajar berharap, nantinya penghijauan di area Bandara milik PT Angkasa Pura II bisa berkontribusi dalam menurunkan suhu bumi dan mengurangi polusi di masa mendatang.

"Yang paling mendesak ya, mudah-mudahan bisa membantu untuk menurunkan polusi di Jabodetabek," kata Ajar.

Baca Juga: Ada 24 Autogate di Soetta, Pemeriksan Imigrasi Tak Sampai 30 Detik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya