Makan Siang Gratis Rp15 Ribu, Ibu Kantin di Tangerang Putar Otak

Harga sembako yang terus naik, Rp15 ribu dapat apaan aja?

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelar simulasi program makan siang gratis yang digagas oleh calon presiden Prabowo Subianto di SMP Negeri 2 Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2/2024). Untuk memasak menu makan siang gratis tersebut, 10 pedagang kantin pun ditugaskan untuk memasak 4 paket menu yang disediakan.

Salah satu pengelola kantin, Nengsih, mengatakan bahwa ke-10 orang itu dibagi tugas, termasuk untuk memasak, bersih-bersih, melayani makan siang anak-anak, hingga menjadi kasir.

"Kasir putra dan putri pisah, yang mengawasi juga, ada lagi penghitungan pasokan, bala-bala berapa porsi, nasi berapa porsi itu ada tugasnya," kata Nengsih.

Baca Juga: Simulasi Menu Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Ini Lauknya

1. Nengsih harus memutar otak agar budget Rp15 ribu bisa layak

Makan Siang Gratis Rp15 Ribu, Ibu Kantin di Tangerang Putar OtakIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Nengsih menyebut, dia dan pedagang kantin yang ditugaskan untuk memasak menu makan siang gratis ini harus putar otak agar makanan dengan budget Rp15 ribu per anak ini bisa layak. Makanan yang disajikan, kata dia, tetap bergizi.

"Sembako sekarang mahal, sayuran naik, bumbu kacang juga sekarang udah berapa naik terus," kata Nengsih.

Padahal, saat dirinya diminta untuk memasak makan siang gratis itu, disebutkan menu yang harus tersedia dengan budget tersebut. "Saya diminta harus ada menu siomay, nasi, gado-gado, dan sebagainya. Dengan harga satu porsi Rp15 ribu," jelasnya.

Pada simulasi kali ini, pengelola kantin menyediakan total 162 porsi makan siang gratis di SMP negeri tersebut. 

2. Makan siang gratis tak didapatkan seluruh siswa setiap hari

Makan Siang Gratis Rp15 Ribu, Ibu Kantin di Tangerang Putar OtakSimulasi makan siang gratis di Tangerang (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Nengsih mengungkapkan, menu yang disediakan tak akan berubah setiap harinya, namun siswa yang mendapatkan makan siang gratis akan bergantian setiap harinya.

"Masakan engga ganti, tapi di-rolling yang makannya.  Hari ini kelas berapa, besok kelas berapa yang makan makanan ini," jelasnya.

3. Siswa senang ada makan siang gratis, uang jajan bisa ditabung

Makan Siang Gratis Rp15 Ribu, Ibu Kantin di Tangerang Putar OtakIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, salah satu siswa, Nurul mengaku dia bisa berhemat uang jajan jika ada makan siang gratis.

"Ya lumayan irit ya kalau lagi kebagian makan siang gratis, bisa disimpan uang jajannya, tapi kan engga setiap hari,"  kata dia. 

Baca Juga: Balita di Tangerang Diduga Disiksa Ayah Tiri, Ibu: Badan Penuh Gigitan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya