Mall di Tangerang Mulai Gunakan Tenaga Surya untuk Sumber Daya Listrik

PLTS di mal ini bisa hasilkan listrik 1.161 MWh per tahun

Tangerang, IDN Times - Untuk mendorong penggunaan energi bersih di Tangerang, AEON Mall, jaringan pusat perbelanjaan asal Jepang menerapkan instalasi sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Salah satunya, dipasang di gedung AEON Mall BSD City.

Inisiatif tersebut merupakan implementasi dari Visi Dekarbonisasi AEON 2050 yang ditetapkan sejak tahun 2018.

"AEON berkomitmen untuk beralih ke sumber energi bersih di seluruh mal AEON pada tahun 2025. Bekerja sama dengan Surya Nippon Nusantara ('SNN'), perusahaan patungan antara induk perusahaan SUN Energy dan Sojitz Corporation," ujar Dion Jefferson, Deputy CEO SUN Energy, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga: 7 Kafe Romantis di Tangsel untuk Valentine's Day Bareng si Dia

1. PLTS ini bisa menghasilkan energi listrik sebesar 1.161 MWh

Mall di Tangerang Mulai Gunakan Tenaga Surya untuk Sumber Daya Listrikpexels.com/Gustavo Fring

Fasilitas PLTS yang diinstalasi di kawasan AEON Mall BSD City diperkirakan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1.161 MWh setiap tahunnya dan secara langsung dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik operasional mal.

"Seiring dengan komitmen transisi dan capaian 100 persen bauran energi melalui produksi dan konsumsi energi terbarukan di fasilitas mal yang dikelola oleh AEON," ujar Dion.

2. PLTS bisa mereduksi emisi karbon hingga 712 ton

Mall di Tangerang Mulai Gunakan Tenaga Surya untuk Sumber Daya ListrikWarga melintas dengan latar belakang PLTU Suralaya di Kota Cilegon, Banten, Rabu (6/12/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Adapun, jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh sistem PLTS setara dengan reduksi emisi karbon sebesar 712 ton. Saat ini AEON Mall juga telah memulai instalasi sistem PLTS di lokasi AEON kelima di Indonesia, yakni AEON Deltamas yang masih dalam tahap konstruksi.

"Sebagai pengembang PLTS dengan rekam jejak di salah satu PLTS terbesar di pusat perbelanjaan, yakni QBIG Mall, SUN Energy melalui 'SNN' akan sepenuhnya mendukung langkah AEON Mall pada lima lokasi di Indonesia untuk menyediakan fasilitas PLTS sebagai sumber energi terbarukan," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Gratiskan Retribusi Pemakaman

3. PLTS di mal bisa mempromosikan energi bersih ke masyarakat

Mall di Tangerang Mulai Gunakan Tenaga Surya untuk Sumber Daya ListrikAEON Mall BSD (google.com/maps/wii alexander)

Dion menuturkan, kehadiran PLTS di ruang publik seperti pusat perbelanjaan, turut mempromosikan pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi terbarukan yang terjangkau dan efisien kepada masyarakat.

"SNN akan terus mengembangkan bisnis terkait energi terbarukan di Indonesia, termasuk baterai penyimpanan, bisnis terkait kendaraan listrik, layanan efisiensi energi, dan layanan pasokan bahan bakar tanpa emisi seperti hidrogen, ammonia, dan biofuel," ungkapnya.

Ini bertujuan mendukung upaya dekarbonisasi pelanggannya dengan menyediakan solusi energi bersih yang komprehensif.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya