Menag Yaqut Hadir di Bandara Soetta untuk Lepas Paus Fransiskus

Paus Fransiskus bertolak pakai pesawat Garuda Indonesia

Tangerang, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas telah hadir di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk melepas keberangkatan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Jumat (6/9/2024). Sebelum meninggalkan Indonesia, Paus Fransiskus terlebih dahulu menghadiri acara perpisahan di Kedutaan Vatikan.

Dijadwalkan, pukul 08.45 WIB, Paus akan menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk bertolak ke Bandara Port Moresby, Papua Nugini.

Baca Juga: [BREAKING] Paus Fransiskus Tiba di Indonesia

1. Perwakilan Vatikan dan Uskup Agung masih dampingi Paus Fransiskus

Menag Yaqut Hadir di Bandara Soetta untuk Lepas Paus FransiskusIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sejumlah pejabat teras rencananya mengantar Paus Fransiskus di Bandara Soetta, seperti Michael Trias Kuncahyono, Duta Besar Indonesia untuk Tahta Suci; Kardinal Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta; Antonius Subianto Bunyamin, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia; Uskup Piero Pioppo, Duta Besar Tahta Suci untuk Indonesia; dan Pastur Michael Andrew Pawlowicsz, Sekretaris Kedutaan Tahta Suci.

Namun, saat ini mereka masih mengikuti kegiatan perpisahan di Kedutaan Vatikan, sehingga akan datang bersama dengan rombongan Paus Fransiskus.

2. Paus Fransiskus akan menggunakan pesawat komersial

Menag Yaqut Hadir di Bandara Soetta untuk Lepas Paus FransiskusIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Seperti saat kedatangan, Paus Fransiskus juga akan menggunakan pesawat komersial, yakni Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 7780 melalui Terminal 3 VVIP Bandara Soetta. Paus Fransiskus dan rombongan dijadwalkan berangkat pada pukul 09.45 WIB.

Baca Juga: Paus Fransiskus Minta Jemaah Indonesia Utamakan Persaudaraan

3. Warga antusias ingin melihat Paus Fransiskus di Bandara Soetta

Menag Yaqut Hadir di Bandara Soetta untuk Lepas Paus FransiskusIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Meski berada di Bandara Soetta, ada sejumlah warga yang antusias hadir untuk melihat dan mengantar Paus Fransiskus untuk terakhir kalinya di Indonesia. Terlihat di Gedung VVIP, sebanyak 4 bus bermuatan sekitar 20 sampai 25 kursi, sudah berada di dalam parkiran.

Terlihat petugas polisi sudah berjaga di luar pagar gedung tersebut. Sebab, tidak boleh sembarangan pengunjung dapat memasuki area tersebut. Baik pengunjung ataupun wartawan yang memiliki ID pass khusus saja yang diperbolehkan masuk. 

Terlihat beberapa warga setia menanti di pagar luar untuk melihat langsung yang terakhir kalinya Paus Fransiskus, sebelum meninggalkan Indonesia.

"Berharap bisa melihat terakhir kalinya Bapa Suci, enggak masalah kami tunggu di sini," ujar seorang bapak dari luar pagar Gedung VVIP.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya