Menteri Yaqut Sambut Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

Paus Fransiskus tiba pukul 11.30 WIB

Tangerang, IDN Times - Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas bakal menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Diketahui, Paus Fransiskus dijadwalkan tiba pada pukul 11.30 WIB.

Selain Menteri Yaqut, Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, Gandi Sulistiyanto dan Duta Besar Indonesia untuk Tahta Suci, Michael Trias Kuncahyono juga telah hadir untuk menyambut kedatangan pemimpin Vatikan tersebut.

Sementara, untuk perwakilan Vatikan, yakni Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia, Mgr. Antonius Subianto Bunyamin, Duta Besar Tahta Suci Vatikan, Uskup Piero Pioppo, Sekretaris Kedutaan Tahta Suci Vatikan, Pastur Michael Andrew Pawlowicsz, dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignatius Jonan.

Pantauan IDN Times di lokasi, petugas gabungan mulai dari Polri, TNI, hingga petugas Avsec Bandara Soetta telah melakukan penjagaan pengamanan di sejumlah titik. Tak hanya itu, petugas juga telah siap di landasan pesawat untuk menyambut kedatangan pesawat yang ditumpangi Paus Fransiskus dan rombongan.

1. 270 personel amankan kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta

Menteri Yaqut Sambut Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soetta(IDN TImes/Maya Aulia Aprilianti)

Sebanyak 270 petugas disiagakan untuk mengamankan kunjungan kenegaraan YM Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Diketahui, Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Indonesia pada 3 September 2024 hingga 6 September 2024.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi mengatakan, personel ini terdiri dari berbagai unsur, termasuk Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, Polda Metro (Polres Bandara Soekarno-Hatta), Paspampres, Kodam Jaya (Kodim 0506 Tangerang), dan petugas keamanan lainnya yang terlibat. 

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh aspek keamanan, baik di darat maupun udara, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan," kata Holik, Senin (2/9/2024).

Holik menuturkan, Paus Fransiskus akan diterima dengan pelayanan terbaik di Gedung VIP Terminal 3, yang telah dipersiapkan secara khusus untuk memastikan kenyamanan dan keamanan tamu kehormatan tersebut. Di mana, Gedung VIP Terminal 3, yang akan menjadi lokasi penyambutan, telah ditingkatkan kualitas layanannya untuk memenuhi standar internasional. 

"Selain itu, area parking stand yang khusus disiapkan untuk pesawat kenegaraan juga telah dipastikan keamanannya, dengan dukungan teknis dan infrastruktur terbaik," jelasnya.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tiba di Bandara Soetta Hari ini Pukul 11.30 WIB

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya