Simulasi Menu Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Ini Lauknya

Makan Rp15 ribu, dapat apa saja ya?

Tangerang, IDN Times - Program makan siang gratis yang merupakan gagasan dari calon presiden Prabowo Subianto sudah diujicobakan di SMP Negeri 2 Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2/2924). Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang juga Ketua DPP Partai Golkar ikut meninjau simulasi tersebut.

Bukan hanya Airlangga Hartarto saja yang hadir, PJ Bupati Tangerang Andi Ony, mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, serta pejabat terkait juga ikut menyaksikan simulasi tersebut.

“Dalam agenda pagi ini kami melihat simulasi untuk makan siang dengan biaya Rp15 ribu,” ungkap Airlangga. Dia menyebut juga sejumlah pejabat yang ikut memantau simulasi itu, termasuk Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono; Kepala Sekolah SMPN 2 Kabupaten Tangerang;dan Bupati Tangerang periode 2013-2023, Ahmad Zaki Iskandar.

Baca Juga: Jokowi Buka Suara Soal Makan Siang Gratis Dibahas di Istana

Baca Juga: Airlangga Uji Coba Program Makan Siang Gratis, Ini Respon Gibran

1. Ada 4 paket menu yang disediakan, untuk budget Rp15 ribu per siswa

Simulasi Menu Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Ini LauknyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Jadi, dengan anggaran Rp15 ribu, setiap anak dapat apa saja jika disimulasikan di Tangerang? Menu yang dihadirkan terdiri dari 4 paket pilihan. Seperti nasi ayam, nasi semur telur, siomay, dan gado-gado. Masing-masing menu dilengkapi dengan buah pisang serta ada sayurannya. 

Pantauan IDN Times di lapangan, untuk menu nasi ayam, potongan ayam yang diberikan berukuran sedang dan cukup untuk 1 anak.

Lalu, saat ditanya mengenai anggaran untuk simulasi makan siang gratis ini, Airlangga mengaku diserahkan kepada Pj Bupati Tangerang. Sebab, simulasi ini terlaksana karena adanya inisiasi atau sikap voulenter dari pemerintahan setempat.

“Silakan ke Pak Bupati,” singkat Airlangga.

2. Airlangga berdalih simulasi tersebut ide dari Pp Bupati Tangerang

Simulasi Menu Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Ini LauknyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Lalu, saat disinggung soal mengapa sudah diadakan lebih dulu simulasi makan siang gratis, padahal program tersebut merupakan wacana dari Calon Presiden Prabowo Subiyanto, Airlangga mengaku hanya memenuhi undangan pemerintah daerah saja. 

“Ya namanya volunteer bebas-bebas saja. Ya namanya juga undangan, saya diundang makan gratis juga ya datang,”katanya.

3. Airlangga menilai, simulasi bisa jadi bahan evaluasi

Simulasi Menu Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Ini LauknyaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara, Airlangga pun mengacungi jempol untuk simulasi yang dilakukan di sekolah tersebut. Untuk simulasi kali ini, para pengusaha kantin sekolah lah yang menyediakan dengan memperhatikan dan menimbang kebersihan dan gizi seimbang.

“Kami lihat bahwa menunya cocok, kalori dan gizinya masuk. Anak-anak juga senang. Karena ini yang menyediakan adalah kantin sekolah, jadi UMKM juga terlibat. Itulah esensi dari ekosistem,” kata Airlangga.

Airlangga juga menyebut, bila dia saat ini seperti tengah belanja masalah. Sebab, dari simulasi itu, pemerintah bisa melihat hal-hal apa yang bisa ditingkatkan.

“Kami bisa tahu, bagaimana mekanismenya, bagaimana pembiayaannya. Dari situ kami belajar untuk membuat kebijakan publik,” katanya.

Baca Juga: Ini Alasan Rekapitulasi di Tangerang Dihentikan Sementara

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya