Mesin Pesawat Terbakar, Lion Air Akui Ada Masalah Teknis

Pesawat kembali ke Bandara Soetta

Tangerang, IDN Times - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-330 rute Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) tujuan Palembang harus kembali ke bandara awal atau return to base (RTB) pada Rabu (26/10/2022). Menurut informasi yang dihimpun, pesawat tersebut terbakar pada bagian mesin dekat sayap kiri.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan adanya masalah teknis pada pesawat tersebut hingga harus kembali ke bandara awal.

"Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," kata Danang.

Baca Juga: September 2022, Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN

1. Danang mengklaim, petugas sudah melakukan prosedur pengecekan sebelum pesawat lepas landas

Mesin Pesawat Terbakar, Lion Air Akui Ada Masalah TeknisDok.Istimewa/Lion Air

Danang menjelaskan, Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (preflight check).

"Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa 6 (enam) kru dan 169 tamu (penumpang)," jelasnya.

2. Pesawat mengudara dengan normal pada awalnya

Mesin Pesawat Terbakar, Lion Air Akui Ada Masalah TeknisDok.Istimewa/Lion Air

Danang menuturkan, pesawat tersebut saat lepas landas berjalan normal. Bahkan, Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Namun, pada ketinggian 3.000 kaki, terdapat indikator adanya masalah pada salah satu mesin.

"Dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base) di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," ungkapnya.

3. Pesawat mendarat secara aman dan seluruh penumpang selamat

Mesin Pesawat Terbakar, Lion Air Akui Ada Masalah TeknisIlustrasi pesawat Lion Air. Twitter/@@lionairgroup

Saat kembali ke bandara Soekarno-Hatta, Danang memastikan pesawat mendarat secara normal dan aman. Setelah pesawat berhenti dan parkir pada landas parkir (apron), seluruh penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu (boarding gate) guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Proses penunpang keluar dari pesawat _disembark) dilakukan secara normal.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," tuturnya.

4. Pesawat tengah dperiksa dan penyebab kebakaran diinvestigasi

Mesin Pesawat Terbakar, Lion Air Akui Ada Masalah TeknisTwitter/@lionairgroup

Saat ini, teknisi dan pilot melakukan pengecekan pada pesawat melalui tahapan kerja yang dijalankan menurut daftar kerja (check list) yang membutuhkan waktu sehingga pihaknya tidak dapat berspekulasi terkait penyebabnya.

Pihaknya pun telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa penerbangan JT-330 dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain. Lion Air menjalankan pelayanan dan penanganan kepada penumpang sesuai ketentuan yang berlaku.

"Penerbangan JT-330 selanjutnya dioperasikan dengan menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP. Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB," ungkapnya.

Baca Juga: Pengawasan Penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta Diperketat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya