Pemkot Tangerang Bakal Bangun TK Negeri di Setiap Kecamatan

Saat ini, hanya ada satu TK negeri di Kota Tangerang

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana akan membangun taman kanak-kanak negeri di 13 Kecamatan. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan pendidikan usia dini di wilayah tersebut.

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin mengaku sudah menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan Tangerang untuk mendirikan TK di setiap kecamatan tersebut. "Karena saat ini baru ada satu TK negeri di Kota Tangerang," kata Nurdin, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: HUT Kota Tangerang ke-31, Disperkimtan Buka Layanan Sedot WC Gratis

1. Nurdin ingin pendidikan PAUD dan TK semakin komprehensif

Pemkot Tangerang Bakal Bangun TK Negeri di Setiap KecamatanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Nurdin menuturkan, pihaknya pun bakal membuat perencanaan dan membicarakan kepada stakeholder terkait termasuk DPRD Kota Tangerang tentang rencana kebutuhan pembangunan TK negeri tersebut. Pasalnya, saat ini kebutuhan TK negeri cukup tinggi.

"Sehingga swastanya hebat, tapi peran pemerintah lewat TK negeri juga semakin hebat," jelas Nurdin.

2. Pemkot Tangerang ingin tekankan belajar menyenangkan di PAUD dan TK

Pemkot Tangerang Bakal Bangun TK Negeri di Setiap KecamatanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Nurdin juga menjelaskan, metode pembelajaran di PAUD maupun TK harus menitikberatkan pada pengenalan karakter, bukan pada kemampuan baca tulis hitung (calistung). Hal tersebut lantaran pada usia PAUD dan TK situasi belajar harus menyenangkan, seperti bermain.

"Makanya kami sudah launching Lagu Gurayud (Lagu di Hari Rabu untuk Anak PAUD) yang liriknya berisi tentang edukasi untuk anak dan orangtua," ujar Nurdin.

Lagu tersebut, diharapkan bisa terngiang pada anak dan orangtua, di mana isi lagu tersebut mencakup tentang pendidikan karakter, seni, olahraga, hingga ibadah. Tak hanya itu, lagu tersebut pun berisi tuntunan orangtua untuk memberi makanan anaknya dengan gizi seimbang.

"Harapan kami orangtua bisa membekali anaknya dengan makanan sehat, tidak jajan sembarangan," ungkapnya.

3. Dinas Pendidikan menyiapkan sarana prasarana untuk pembangunan TK negeri

Pemkot Tangerang Bakal Bangun TK Negeri di Setiap KecamatanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan sarana prasarana yang memadai untuk pembangunan TK Negeri di setiap Kecamatan. Diketahui, saat ini terdapat 400 lebih TK swasta dan 200 lebih PAUD swasta.

"Yang pasti untuk tahun ini masih dibuat perencanaannya," ungkapnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya