1000 CCTV Bandara Soetta Pantau Delegasi KTT ASEAN

Ribuan anggota TNI/Polri dan Avsec turut mengamankan

Tangerang, IDN Times - Ribuan anggota gabungan dari TNI/Polri hingga Aviation Security (Avsec) mengamankan kedatangan para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Diketahui, kegiatan tersebut bakal diselenggarakan pada 5-7 September 2023 mendatang.

"Untuk pengamanan, kita kordinasi dengan TNI Polri, kami pun ada personel. Total jumlah personel lakukan penebalan sekitat 6.341 orang untuk mengamankan KTT ASEAN di Bandara Soetta," ujar Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, M Holik Muardi.

1. Seribu titik CCTV juga disiagakan pantau kedatangan delegasi

1000 CCTV Bandara Soetta Pantau Delegasi KTT ASEANIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain itu, pengelola bandara dan personel gabungan pengamanan juga bakal rutin berpatroli di sekitar Bandara Soetta. Baik di tiap terminal, jalan utama bandara, kawasan kargo, perkantoran dan sebagainya.

"Peningkatan pengamanan juga dilakukan dengan pantauan lebih dari seribu titik CCTV atau kamera pengawas, dan itu terhubung di posko monitoring,"k atanya.

2. Disiagakan petugas di helpdesk untuk membantu delegasi

1000 CCTV Bandara Soetta Pantau Delegasi KTT ASEANIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara, juga disediakan jalur khusus untuk delegasi KTT ASEAN nonVIP, sehingga harus melewati Terminal 3 dan Terimal CIP Internasional. Lalu akan ada petugas yang bersiaga apabila ada tamu negara yang membutuhkan bantuan untuk petunjuk arah, ataupun keperluan lain selama berada di Bandara Soetta.

"Ada helpdesk, di situ nanti ada panitia yang meng-handle delegasi tersebut. Misalnya mereka tidak dijemput, tapi membutuhkan transportasi ke Jakarta, nanti akan diarahkan. Atau dijemput dan menanyakan titik penjemputan, akan langsung diantar," tuturnya.

Lalu juga ada posko monitoring Terminal 3, dan posko di Ruang Hanoman VIP untuk memonitor gerakan pesawat serta informasi yang dibutuhkan lainnya.

3. Para delegasi dijadwalkan tiba pada 4 September 2023

1000 CCTV Bandara Soetta Pantau Delegasi KTT ASEANPersiapan Bandara Komodo, Labuan Bajo, sambut KTT ASEAN ke-42. (IDN Times/Sonya Michaella)

Para delegasi negara tersebut dijadwalkan akan tiba paling cepat pada tanggal 4 September 2023, atau satu hari sebelum pelaksanaan KTT ASEAN digelar. Meski begitu, hingga saat ini, belum ada jadwal pasti degelasi dari negara mana saja yang akan tiba di Bandara Soekarno Hatta.

"Sampai hari ini, dijadwalkan semua delegasi mendaratnya di Bandara Soekarno Hatta. Untuk kepastiannya mana dulu yang sampai, masih terus kami koordinasikan," ujarnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya