Pengelola Bandara Soetta Siapkan Personel Sambut Jenazah Emmeril Kahn

Serah terima jenazah bakal dilakukan di Kargo Lounge

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyiapkan personel untuk menyambut jenazah putra Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Rencananya, jenazah Eril akan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022).

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta menyiapkan sejumlah fasilitas dalam mendukung proses kedatangan jenazah di Indonesia, seperti menyediakan ambulans.

"Kami dari PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soetta dan stakeholder akan mendukung dan memfasilitasi kedatangan tersebut," ujarnya, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga: Jenazah Eril Dimakamkan Dekat dengan Masjid Al-Mumtadz

1. Jenazah bakal diserahterimakan di Kargo Lounge Bandara Soetta

Pengelola Bandara Soetta Siapkan Personel Sambut Jenazah Emmeril KahnInstagram

Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan, skema sementara yang telah dirapatkan stakeholder di Bandara Soetta, jenazah Eril akan dilakukan serah terima kepada pihak keluarga di kargo lounge.

"Nanti akan ada serah terima dari pihak Kementerian Luar Negeri ke keluarga, posisinya ada di kargo lounge," katanya.

2. Sudah disiapkan mobil jenazah

Pengelola Bandara Soetta Siapkan Personel Sambut Jenazah Emmeril KahnFoto terakhir Atalia dan Eril sebelum tragedi terjadi. Foto: IG Atalia.

Pada proses kedatangannya, jenazah akan langsung dipindahkan ke mobil yang telah disediakan oleh pihak PT Angkasa Pura II.

"Jadi biasanya kan, pesawat landing keluar melalui kargo. Tapi kemarin hasil rapat dari operator, akan ada yang menjemput kelandasan dari mobil Angkasa Pura, sampai nanti dilakukan serah terima dari Kemenlu," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Unggah Desain Makam Eril: Rumah Akhir yang Indah

3. Disediakan kantong parkir untuk menampung tamu

Pengelola Bandara Soetta Siapkan Personel Sambut Jenazah Emmeril KahnSalam perpisahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga bagi putra sulung mereka, Eril, sebelum kembali ke Indonesia. (www.twitter.com/@teguh_korjakbdg)

Rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan untuk mengantarkan jenazah Eril menuju Bandung, Jawa Barat. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian Jawa barat terutama soal lintasan yang akan dilalui rombongan.

"Dan untuk di area Bandara Soetta sendiri, akan kita rapatkan lagi malam ini, sementara yang sudah fix itu kantong parkir di area kargo 530," ungkapnya.

4. Kronologi meninggalnya Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Pengelola Bandara Soetta Siapkan Personel Sambut Jenazah Emmeril KahnRidwan Kamil ikut dalam pencarian anaknya di Sungai Aare (dok. KBRI Bern)

Diberitakan sebelumnya, Eril dinyatakan hilang terbawa arus setelah berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5/2022).

Setelah belasan hari pencarian, tubuh Eril ditemukan polisi Swiss tersangkut di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu (8/6/2022). 

Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil mengatakan, meski sudah lewat 14 hari, tetapi jenazah Eril dalam kondisi utuh. "Jasadnya lengkap, tidak kurang satu apapun. Wajahnya rapih menengok ke kanan," kata dia. 

"Saya bersaksi jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," tutur dia lagi. Kang Emil berencana memakamkan putranya pada Senin (13/6/2022). 

Baca Juga: Polri Bantu Proses Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil dari Swiss

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya