Pergerakan Pesawat Mudik 2024 Dekati Angka Sebelum COVID-19

Menhub minta AirNav maksimalkan penggunaan runway

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, pergerakan pesawat saat mudik tahun ini mendekati angka mudik tahun 2019 atau sebelum pandemik COVID-19.

Hal tersebut dikatakan Menhub Budi saat melakukan peninjauan di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (12/4/2024).

"Ini menjadi surprise bahwa movement (pergerakan pesawat) itu sudah mencapai 1.236," kata Menhub Budi. Sementara, pergerakan pesawat di musim mudik 2019 adalah 1.280. 

Hal menarik lainnya, kata Menhub,  penumpangnya lebih besar,. "Kalau di Jakarta lebih besar 101 persen dibanding 2019 dan di Bali 100 persen," kata

Baca Juga: Bandara Soetta Jadi Bandara Paling Pulih dari Pandemik COVID-19

1. Diprediksi pergerakan pesawat capai 1.250

Pergerakan Pesawat Mudik 2024 Dekati Angka Sebelum COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub Budi juga mengungkapkan, diprediksi pergerakan pesawat pada puncak arus balik kali ini akan mencapai angka 1.250. Hal tersebut berkat kolaborasi semua sektor, mulai dari Angkasa Pura, AirNav, Polri, Bea Cukai, Imigrasi, Otoritas Bandara, Airlines, dan lain sebagainya.

"Karna waktu yang kita jalani pada saat mudik lebih panjang, sementara ini (arus balik) lebih pendek. Dari Jumat, Sabtu, Minggu, Senin, cuma 5 hari. Sebelumnya itu seminggu, jadi naik," ujar Menhub Budi.

2. Menhub Budi minta AirNav memaksimalkan penggunaan runway

Pergerakan Pesawat Mudik 2024 Dekati Angka Sebelum COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Untuk mencegah antrean di taxiway, Menhub Budi pun meminta AirNav selaku operator penerbangan,  memaksimalkan penggunaan runway, khususnya di Bandara Soetta. Pasalnya, saat ini Terminal 1D dan 1C belum beroperasi. 

"Saya minta AirNav menggunakan runway 3, jadi landing di runway 2 dan 3 bisa sama-sama. Bayangkan dalam keadaan pesawat turun dari 650 ke 420, pergerakan penumpang lebih banyak," kata dia.

3. Pengelola Bandara Soetta menyebut penyelenggara angkutan lebaran berjalan lancar

Pergerakan Pesawat Mudik 2024 Dekati Angka Sebelum COVID-19IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Agus Haryadi selaku Direktur Operasional dan Komersil PT Angkasa Pura II mengatakan, secara umum penyelenggaraan angkutan lebaran ini belum selesai. Masa angkutan lebaran akan berakhir di tanggal 18 yang akan datang dan ini adalah H+2 lebaran. 

"Kami sampaikan di masa penyelenggaraan arus mudik yang lalu berjalan cukup baik, secara umum bisa dikatakan cukup lancar," tuturnya.

Baca Juga: Menhub Budi Cek Kondisi Pesawat di Bandara Soetta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya