Pj Wali Kota Tangerang: Gunakan THR dengan Bijak!

Penggunaan THR dan TPK berlebihan disebut bisa picu inflasi

Tangerang, IDN Times - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin meminta aparatur sipil negara (ASN) di wilayahnya menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) dengan bijak. 

"Jangan berlebihan," ujar Nurdin, Jumat (29/3/2024).

Dia juga mengutarakan, Pemkot Tangerang sudah mencairkan TPK dan juga THR untuk para ASN, termasuk juga honor bagi pegawai non-ASN, sejak 27 Maret lalu. 

Baca Juga: Disnaker Kota Tangerang Buka Posko Pengaduan THR, Ini Lokasinya

1. Penggunaan THR dan TPK yang berlebihan bisa memicu inflasi

Pj Wali Kota Tangerang: Gunakan THR dengan Bijak!ilustrasi pemberian THR (pexels.com/Ahsanjaya)

Nurdin mengungkapkan, konsumsi yang berlebihan saat Ramadan dan Idul Fitri akan memicu tekanan pada sisi konsumsi dan akhirnya mendorong peningkatan angka inflasi.

"Selain kurang bijak, berbelanja berlebihan juga bisa memicu kenaikan angka inflasi. Oleh karenanya berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan," imbuhnya.

2. Nurdin mengimbau pegawai memberi sedekah dan membayar zakat

Pj Wali Kota Tangerang: Gunakan THR dengan Bijak!ilustrasi zakat fitrah (freepik.com/freepik)

Nurdin juga mengimbau agar masyarakat terutama para pegawai bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk sedekah atau membayar zakat, baik zakat mal atau zakat fitrah. 

"Jangan lupa juga untuk menyisihkannya sebagian untuk zakat dan sedekah terlebih bulan Ramadan ini momen yang mulia untuk saling berbagi," tuturnya.

3. THR dan TPK diharapkan bisa memicu pegawai untuk meningkatkan kinerja

Pj Wali Kota Tangerang: Gunakan THR dengan Bijak!BNI sediakan uang tunai Rp26,6 triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri. (dok. Humas BNI)

Nurdin juga berharap dengan dibayarkannya TPK dan THR bisa lebih meningkatkan kinerja pegawai sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan publik yang berkualitas.

"TPK dan THR ini mudah-mudahan juga bisa memotivasi pegawai dalam memberikan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Dewi salah satu pegawai Pemkot Tangerang menyampaikan terima kasihnya atas perhatian pemerintah yang telah mencairkan THR dan juga TPK, meskipun sempat terlambat.

"Meskipun harus sedikit bersabar, tapi alhamdulillah THR dan TPK sudah kami terima, selain buat kebutuhan lebaran tentunya sebagian kami sisihkan untuk biaya sekolah anak karena sebentar lagi juga tahun ajaran baru," tukas Dewi.

Baca Juga: Asyik! THR Pegawai Pemkot Tangerang Cair Nih

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya