Politisi Hingga Pengusaha Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

Putri Wapres Ma'ruf Amin ikut hibur pengungsi

Tangerang, IDN Times - Gempa Magnitude (M) 5,6 meluluhlantakkan Cianjur. Bantuan pun mengalir bagi korban gempa dari berbagai wilayah dan tokoh. 

Gempa itu menghancurkan rumah hingga fasilitas publik. Selain itu, ratusan warga meninggal dunia dan lainnya luka-luka. 

Salah satu bantuan datang dari Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI). Bantuan berupa logistik seperti beras, minyak, gula, perlengkapan rumah tangga, dan sejumlah makanan untuk anak-anak serta perlengkapan salat disalurkan kepada penyintas bencana yang kini tinggal sementara di tenda darurat, seperti di Desa Cibulakan, Desa Nagrak, Desa Limbangan Sari, dan Desa Wargaluyu. 

"Kami turun di empat lokasi dan penyaluran bantuan juga difokuskan ke titik-titik yang memang belum banyak tersentuh bantuan," kata Ketua Umum PDRI, Siti Nur Azizah di Tangerang, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Pemprov Banten Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur  

1. Nur Azizah dorong semua pihak fokus ke korban gempa

Politisi Hingga Pengusaha Salurkan Bantuan ke Korban Gempa CianjurIDN Times/Dok. PDRI

Putri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin tersebut meminta seluruh pihak untuk bersatu fokus memberikan bantuan untuk korban gempa tersebut dan tak termakan dengan isu-isu yang berkembang. 

Prinsipnya, kata dia, masyarakat korban gempa harus segera mendapatkan bantuan. Selain itu, kelompok rentan seperti anak-anak, perempuan, dan lansia pun harus diprioritaskan.

"Kita semua harus mendukungnya. PDRI siap bergandeng tangan untuk memulihkan Cianjur. Kita akan dorong semua tahapan penanganan bencana berjalan dengan lancar, mulai dari bantuan darurat, inventarisasi kerusakan, pemulihan, rehabilitasi, dan rekonstruksi semua harus berjalan dengan baik," ucapnya.

2. Pemkab Tangerang gelontorkan Rp1 miliar untuk korban gempa Cianjur

Politisi Hingga Pengusaha Salurkan Bantuan ke Korban Gempa CianjurIDN Times/Dok. BPBD Kabupaten Tangerang

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Tangerang menyalurkan bantuan dana senilai Rp1 miliar bagi korban gempa bumi Cianjur. Bantuan tersebut ditransfer melalui kas daerah Kabupaten Tangerang ke kas daerah Kabupaten Cianjur.

"Bantuan itu sudah ditransfer hari Senin, 28 November, melalui kas daerah," ungkap Sekda Maesyal Rasyid.

Maesyal juga mengatakan Pemkab Tangerang sudah berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur melalui asisten 1 Setda. Asda 1 Kab Cianjur berterima kasih atas bantuan dari Pemkab Tangerang.

Selain bantuan berupa uang, Pemkab Tangerang juga telah mengirimkan bantuan melalui BPBD yang berupa makanan dan tenda pengungsian beserta relawan. Dia juga menambahkan--dalam rangka HUT Korpri, Hari Kesehatan, HUT PGRI dan Hari Guru-- dilakukan penggalangan dana untuk disalurkan kepada korban bencana Cianjur, khususnya untuk para guru dan ASN yang menjadi korban.

"Anggota BPBD kita sudah berada di sana untuk membantu para korban gempa," jelasnya.

3. PMI Kabupaten Tangerang juga kirim relawan ke Cianjur

Politisi Hingga Pengusaha Salurkan Bantuan ke Korban Gempa CianjurIDN Times/Dok. BPBD Kabupaten Tangerang

Di lain pihak, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang juga kembali kirim relawan kemanusiaan untuk korban gempa bumi Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Tim relawan yang diberangkatkan pada Kamis (1/12/2022), dipimpin langsung Kepala Unit Donor Darah UDD PMI Kabupaten Tangerang dr Zainal Muttaqin.

Tim relawan kemanusiaan ini akan berada di Cianjur untuk memberikan bantuan kesehatan gratis selama satu minggu kedepan. PMI Kabupaten juga mengerahkan tim medis bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia IDI Banten dan IDI Kabupaten Tangerang.

"Kita bergerak untuk yang kesekian kali, semenjak peristiwa gempa melanda wilayah Kabupaten Cianjur pekan kemarin. Dan pada hari ini kita bergerak bersama tim media serta membawa obat-obatan, baju baru untuk semua umur dan paket sembako," katanya. 

4. Perusahaan ini sokong kebutuhan obat-obatan korban gempa

Politisi Hingga Pengusaha Salurkan Bantuan ke Korban Gempa CianjurIDN Times/Dok. PT WCP

Tak hanya itu, perusahaan PT Wira Cipta Perkasa juga menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur. Perusahaan tersebut menyerahkan bantuan langsung kepada masyarakat di Kecamatan Warungkondang untuk disalurkan kebutuhan selama 2 minggu kedepan diantaranya makanan, pakaian, obat-obatan, selimut, perlengkapan salat dan juga perlengkapan kebersihan.

Fokus bantuan yang disalurkan kepada korban bencana gempa Cianjur diarahkan ke daerah-daerah yang belum terjangkau, seperti daerah Kampung Karamat Legok, Desa Sukamulya, Kec. Cugenang, Pondok Pesantren Bani Muttaqin, Kampung Bayabang, dan Desa Talaga, Kec. Cugenang.

“Saya secara pribadi mengimbau kepada seluruh kalangan usaha (pengusaha) yang mampu untuk mendonasikan sebagian rezekinya untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah atas gempa yang terjadi di Cianjur," ungkap Direktur PT Wira Cipta Perkasa, Muhammad Rummy Arafat.

Baca Juga: Razia Gelandangan, Satpol PP Tangerang Tangkapi Manusia Silver

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya