PPKM Level 1, Pengelola Bandara Soetta Kembali Buka Sentra Vaksinasi

Tersedia di seluruh terminal keberangkatan

Tangerang, IDN Times - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta telah bersiap menerapkan kembali aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, terkait syarat perjalanan udara. Salah satunya, kembali mewajibkan calon penumpang pesawat untuk vaksin booster.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, Kementerian Perhubungan akan menerbitkan regulasi terkait kebijakan tersebut, dan yang menjadi rujukan Kemenhub--seperti penerapan sebelumnya-- yakni Surat Edaran dari Satgas Penanganan COVID-19 tentang aturan syarat perjalanan di masa pandemi COVID-19.

Saat ini Surat Edaran Satgas juga tengah dalam penyiapan. "Adapun PT Angkasa Pura II selaku pengelola 20 bandara di Indonesia akan menginformasikan lebih lanjut mengenai kapan diberlakukannya penerapan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan bagi penumpang pesawat," kata Awaluddin, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Visa Bermasalah, Belasan Calon Jemaah Haji Tertahan di Bandara Soetta

1. Sentra vaksinasi di Bandara kembali dibuka

PPKM Level 1, Pengelola Bandara Soetta Kembali Buka Sentra VaksinasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

AP II sendiri, kata Awaluddin, saat ini telah melakukan berbagai persiapan agar ketentuan tersebut nantinya dapat diterapkan dengan baik. Hal tersebut, kata dia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  terkait penerapan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan. 

“Salah satu persiapan yang kami lakukan adalah membuka fasilitas sentra vaksinasi booster beserta seluruh sarana dan prasarana di seluruh bandara AP II bagi penumpang pesawat mulai 6 hingga 7 Juli 2022,” ungkap Awaluddin. 

Di sisi lain, koordinasi juga telah dilakukan dengan seluruh stakeholder, khususnya Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan ketersediaan vaksinasi booster bagi penumpang pesawat.

2. Sentra vaksinasi di Bandara Soetta tersedia di seluruh terminal keberangkatan

PPKM Level 1, Pengelola Bandara Soetta Kembali Buka Sentra VaksinasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Adapun sentra vaksinasi booster di Bandara Soekarno-Hatta sudah mulai dibuka pada 6 Juli 2022 di tiga titik, yaitu Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. Sementara itu sentra vaksinasi booster di 19 bandara AP II lainnya dibuka mulai 7 Juli 2022. 

“Kebijakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan saat ini belum diberlakukan. AP II sudah melakukan persiapan dengan membuka sentra vaksinasi booster di seluruh bandara,” tutur Awaluddin.

Ketika kebijakan diberlakukan, maka nantinya seluruh bandara AP II sudah siap melayani penumpang pesawat yang membutuhkan vaksinasi booster.

3. Pergerakan penumpang di Bandara Soetta mencapai 120 ribu orang

PPKM Level 1, Pengelola Bandara Soetta Kembali Buka Sentra VaksinasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Saat ini, kata Awaluddin, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia sekitar 100.000 - 120.000 penumpang per hari. Sementara di 19 bandara AP II lainnya secara kumulatif berkisar 100.000 penumpang per hari. 

Dengan adanya sentra vaksinasi booster di bandara AP II maka penumpang pesawat tidak akan sulit memenuhi persyaratan perjalanan. Selain itu, kata dia, hal ini akan berdampak pada adanya percepatan vaksinasi booster di tengah masyarakat.

"Kami akan menginformasikan kapan diberlakukannya kebijakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan,” jelasnya.

Baca Juga: 94 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Bandara Soetta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya