Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Cisadane Kota Tangerang

Anggaran total biaya konstruksi proyek capai Rp270,5 miliar

Tangerang, IDN Times - Presiden Joko Widodo meresmikan tiga jembatan Callender Hamilton yang ada di Provinsi Banten, Senin (8/1/2023). Ketiga jembatan tersebut, yakni Jembatan Cisadane Karawaci, Jembatan Batuceper, dan Jembatan Tawing 1 Serang.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Purnomo, PJ Gubernur Banten Al Muktabar, dan Pj Wali Kota Tangerang dengan ditandai penandatanganan 3 prasasti di Jembatan Cisadane. 

"Setelah minggu yang lalu saya meresmikan 9 jembatan Callender Hamilton yang baru di Jawa Tengah, hari ini kita resmikan lagi 3 jembatan Callender Hamilton di Provinsi Banten," kata Jokowi di Jembatan Cisadane, Kota Tangerang.

Baca Juga: Dirut Bulog Pastikan Stok Beras Aman Hingga 3 Bulan ke Depan 

1. Total biaya konstruksi mencapai Rp270,5 miliar

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Cisadane Kota TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Jokowi mengungkapkan, total nilai biaya konstruksi dari ketiga jembatan tersebut mencapai Rp270,5 miliar. Anggaran paling besar ada pada pembangunan jembatan Batuceper.

"Yang pertama Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang biaya kontruksinya Rp106,7 miliar. Kedua jembatan di Tangerang Rp123,2 miliar dan yang ketiga jembatan Taling Satu di Serang biaya kontruksinya Rp40,6 miliar," jelasnya.

2. Ketiga jembatan sudah berusia lebih dari 40 tahun

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Cisadane Kota TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Jokowi menuturkan, dibangun kembali ketiga jembatan tersebut, terutama Jembatan Cisadane lantaran usia yang sudah melebihi 40 tahun sehingga rentan runtuh jika ada logistik yang terlalu berat. 

"Infrastruktur jembatan ini akan semakin baik untuk meningkatkan aksesbilitas jalan di Provinsi Banten antar kota, antarkabupaten melancar mobilitas barang, angkutan orang, angkutan logistik dan menekan biaya transportasi semakin efisien," tuturnya.

3. Ada 37 jembatan Callender Hamilton yang telah dibangun

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Cisadane Kota TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Di Pulau Jawa, lanjut Jokowi, terdapat 37 jembatan Callender Hamilton yang lokasinya tersebar di beberapa provinsi. Selain di Banten, ada pula di Jawa Barat 16 Jembatan, dan di Jawa Tengah 9 jembatan.

"Kita tahu jembatan-jembatan tersebut usianya sudah lebih 40 tahun, sehingga memang perlu diganti," kata Jokowi.

Untuk diketahui, hari ini, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke berbagai wilayah di Banten, seperti meresmikan Terminal Pakupatan Serang, Waduk Karian Lebak, dan Jembatan Cisadane Kota Tangerang.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Minta Pusat Serius Atasi Luapan Kali Angke

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya