Pria di Tangerang Belasan Kali Bawa Kabur Motor Saat COD, Ini Modusnya

Pelaku BR berpura-pura ingin test drive motor korban

Tangerang, IDN Times - Polsek Batuceper, Polres Metro Tangerang Kota menangkap seorang pria berinisial BR (29). Tersangka diduga kerap membawa kabur kendaraan roda dua atau motor yang hendak dijual pemiliknya.

"Dari hasil penyelidikan sementara didapat keterangan, pelaku sudah melakukan kejahatan ini lebih dari 15 kali di Wilayah Kota Tangerang," kata Kapolsek Batuceper Kompol Susida Aswita, Rabu (6/9/2023).

1. Pelaku mengincar korban melalui marketplace terkenal

Pria di Tangerang Belasan Kali Bawa Kabur Motor Saat COD, Ini ModusnyaIlustrasi (ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko)

Bahkan, BR kembali beraksi saat baru keluar LP Pemuda Tangerang pada Maret 2023.  Adapun modus pelaku adalah berpura-pura hendak membeli sepeda motor melalui sebuah marketplace yang biasa digunakan untuk menjual barang second dengan cara cash on delivery atau COD. 

"Pelaku ini memperdaya korban yang memasang iklan melalui market place media sosial Facebook, akan membeli motor melalui sistem COD di suatu tempat," ungkap Susida.

2. Pelaku berpura-pura ingin test drive motor korban

Pria di Tangerang Belasan Kali Bawa Kabur Motor Saat COD, Ini ModusnyaIlustrasi (IDN Times/Sukma Sakti)

Setelah bertemu korban di satu tempat yang telah ditentukan, pelaku berpura-pura melakukan transaksi penawaran. Dengan gaya yang meyakinkan pelaku meminta untuk dilakukan test drive, korban pun percaya kemudian memberikan kunci motornya kepada pelaku.

"Pada saat test drive itu, pelaku BR langsung tancap gas dengan membawa kabur motor korban," jelasnya.

Korban baru menyadari motornya dibawa kabur pelaku setelah beberapa jam menunggu motornya tak kunjung kembali di bawa oleh pelaku. Alhasil korban pun melaporkan kejadian nahas yang menimpanya itu ke Polsek Batuceper, Polres Metro Tangerang Kota.

Dari keterangan korban ini, polisi menemukan kemiripan dengan kasus tiga bulan sebelumnya. Ada kemiripan, mulai dari ciri-ciri pelaku, nomor handphone pelaku dan alamat medsos Facebook yang digunakan, hingga modus kejahatan.

3. Pelaku BR ditangkap di daerah Jakarta Selatan

Pria di Tangerang Belasan Kali Bawa Kabur Motor Saat COD, Ini ModusnyaIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Polisi pun lantas menyelidiki kasus ini lebihd alam untuk mengetahui keberadaan dan menangkap pelaku. Susida mengungkap, pelaku BR selalu berpindah-pindah tempat. 

"Alhamdulillah, pelaku berhasil kita amankan pada Minggu, 27 Agustus 2023, sekira jam 14.00 WIB di Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan," katanya.

4. Polisi minta warga melapor jika merasa menjadi korban dengan modus yang sama

Pria di Tangerang Belasan Kali Bawa Kabur Motor Saat COD, Ini ModusnyaIlustrasi kantor polisi (tribratanews.polresprobolinggo.info)

Susida menambahkan, pihaknya masih terus mengembangkan kasus ini dan mencari korban-korban lainnya, serta mencari keberadaan motor-motor korban yang berhasil dijual kepada penadah.

Dia pun meminta masyarakat untuk melapor jika merasa menjadi korban dengan modus yang sama di wilayah Kota Tangerang.

"Kepada masyarakat kota Tangerang khususnya, kami sarankan untuk lebih berhati-hati saat transaksi melalui COD di media sosial, kami meminta kepada masyarakat yang pernah tertipu dengan modus yang sama untuk melapor ke kami (polisi), untuk dilakukan pengusutan dan pengembangan lebih dalam," kata Susida.

Baca Juga: Pria di Tangerang Tega Perkosa Anak Kandungnya, Bertahun-tahun

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya