Ratusan Calon Jemaah Haji Tes PCR di Gedung MUI Kota Tangerang

Jika calon jemaah positif, keberangkatannya ditunda

Kota Tangerang, IDN Times - Ratusan calon jemaah haji kloter pertama asal Kota Tangerang menjalani proses tes swab PCR di Gedung MUI Kota Tangerang, Jumat (3/6/2022). Tes swab PCR tersebut merupakan salah satu kelengkapan syarat para calon jemaah haji sebelum berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci, Makkah.

"Untuk sekarang ini ada penerapan baru yang diminta oleh pihak Arab Saudi. Dimana, harus PCR dengan pemberlakuan 72 jam sebelum keberangkatan. Jadi, Insya Allah besok jemaah haji kloter kedua Provinsi Banten akan diberangkatkan," katanya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang, Badri Hasun.

Baca Juga: Dindik Kota Tangerang Jamin Proses PPDB Jujur

1. Pelepasan calon jemaah haji perdana di Masjid Raya Al Azhom

Ratusan Calon Jemaah Haji Tes PCR di Gedung MUI Kota TangerangCalon haji tes COVID-19 di Tangerang (IDN Times/ Maya Aulia)

Adapun, pelepasan calon jemaah haji perdana selama pandemik COVID-19 tersebut juga bakal dilakukan di Masjid Raya Al Azhom pada Sabtu, 4 Juni 2022 pagi hari menuju Asrama Pondok Gede.

"Dilepas di Masjid Al-Azhom pada besok pagi, lalu menuju Asrama Pondok Gede, hingga nanti diberangkatkan ke bandara menuju tanah suci," ujarnya.

2. Ada 41 tenaga medis yang ditugaskan untuk melaksanakan tes PCR

Ratusan Calon Jemaah Haji Tes PCR di Gedung MUI Kota TangerangCalon haji tes COVID-19 di Tangerang (IDN Times/ Maya Aulia)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengatakan, dalam pelaksanaannya dikerahkan 41 tenaga medis, dan ada pula pembagian shift menjadi 3 untuk di Labkesda, agar proses pengecekan hasil swab test di laboratorium dapat selesai dengan cepat.

"Kita sudah siapkan tenaga medis dan laboratoriumnya dan untuk biaya PCR ditanggung oleh Kemenkes, dan tidak ada biaya tambahan," tuturnya.

3. Jika calon jemaah positif, keberangkatannya bakal ditunda

Ratusan Calon Jemaah Haji Tes PCR di Gedung MUI Kota TangerangCalon haji tes COVID-19 di Tangerang (IDN Times/ Maya Aulia)

Nantinya, bila ditemukan hasil yang positif COVID-19, maka calon jemaah haji akan ditunda keberangkatannya menuju Makkah dan digantikan dengan keberangkatan selanjutnya.

"Jadi sesuai prosedur kalau ada yang positif, maka harus isolasi dan tidak jadi atau ditunda keberangkatannya. Nanti akan diusulkan pihak Kementerian Agama, untuk diatur kembali keberangkatannya selesai isolasi," jelasnya

Baca Juga: Mayat Penuh Sayatan di Wajah Ditemukan di Karang Tengah Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya