Revitalisasi Dimulai, Kontraktor Mulai Pagari Pasar Anyar

Pedagang sudah pindah lokasi berjualan

Tangerang, IDN Times - Pedagang berangsur mengosongkan kawasan Pasar Anyar dan pindah ke lokasi yang telah ditentukan oleh Pemkot Tangerang. Hal tersebut pun membuat Kontraktor revitalisasi Pasar Anyar sudah memasang pagar di sisi luar gedung pasar. 

"Saya menyampaikan apresiasi kepada pedagang yang dengan sukarela mengosongkan dagangannya. Sehingga per Jumat, 26 Januari kontraktor sudah mulai proses pemagaran," kata Kepala PD Pasar Kota Tangerang, Titin pada Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Anyar,  4 Titik Jalan Ditutup

1. Proses pengosongan lapak dibantu petugas gabungan

Revitalisasi Dimulai, Kontraktor Mulai Pagari Pasar AnyarDok. Pemkot Tangerang

Titin juga menyampaikan bahwa proses pengosongan lapak pedagang di Pasar Anyar tersebut juga dibantu langsung oleh para petugas pemkot Tangerang dan gabungan.

"Petugas pemkot juga bantu untuk ngangkutin barang pedagang," jelasnya.

Titin juga optimis proses revitalisasi Pasar Anyar berjalan lancar lantaran banyak pedagang yang setuju revitalisasi. Pemkot Tangerang juga sudah melakukan berbagai upaya persuasif dan dialog agar pedagang mau pindah sementara.

"Pemkot juga memfasilitasi hak-hak pedagang terkait tempat relokasi sementara sampai jaminan mereka mendapatkan lapaknya kembali setelah proses revitalisasi rampung," ungkapnya.

2. Pemagaran pasar dilakukan bertahap

Revitalisasi Dimulai, Kontraktor Mulai Pagari Pasar AnyarDok. Pemkot Tangerang

Sebagai informasi pemagaran bagian luar gedung Pasar Anyar bertujuan untuk sterilisasi pasar agar proses revitalisasi berjalan lancar. Adapun skema pemagaran dilakukan terlebih dahulu pada sisi utara dan timur yang ditargetkan dapat tuntas pada hari ini.

Pemagaran tersebut, kata dia, akan dipasang dengan jarak 1,5 meter dari area luar Pasar Anyar.

"Pemagaran di sekitar area sebagai bagian tindak lanjut dari standar operasional proyek konstruksi revitalisasi Pasar Anyar,” tuturnya.

3. Pasar Anyar akan dibangun dengan konsep baru

Revitalisasi Dimulai, Kontraktor Mulai Pagari Pasar AnyarDok. Pemkot Tangerang

Sebelumnya, Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin mengatakan, Pasar Anyar nantinya  dilengkapi dengan ruang terbuka hijau. Hal ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Setelah sudah rapi dan nyaman, Pasar Anyar juga bakal diperuntukkan sebagai tempat atau destinasi wisata. Desain pasar lebih modern menyerupai mol atau pusat perbelanjaan sehingga memberi kesan nyaman untuk orang berbelanja kebutuhan pokok, sayuran, buah-buahan, pakaian, emas perak, dan kebutuhan lainnya,

“Sehingga, tujuan dari revitalisasi ini untuk menyesuaikan bangunan pasar sesuai dengan penataan ruang kota, lalu lebih representative, membuat lingkungan pasar yang jauh lebih aman dan nyaman, serta adanya pelayanan publik,” kata Nurdin.

Baca Juga: Dengar Aspirasi, Pj Wali Kota Tangerang Temui Pedagang Pasar Anyar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya