RSU Tangerang Siapkan Ruangan Khusus Pasien Indikasi Hepatitis Akut

Hingga kini, petugas belum temukan pasien hepatitis akut

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang menyiapkan ruangan untuk pasien terindikasi hepatitis akut misterius. Namun, hingga kini belum ditemukan adanya kasus tersebut di rumah sakit rujukan tersebut.

Meski demikian, Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani mengatakan, pihaknya telah bersiap jika sewaktu-waktu ada kasus hepatitis akut tersebut.

"Sampai saat ini, RSU Kabupaten Tangerang belum merawat pasien dengan probable hepatitis akut/hepatitia akut, baik yang diskrining di IGD maupun rujukan dari FKTP. Walaupun belum ada pasien probable, RSU sudah memisahkan ruang perawatan anak infeksius dan noninfeksius, ada satu ruangan," kata Hilwani saat dihubungi IDN Times, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Kadinkes: Kasus Hepatitis Akut Belum Ditemukan di Banten 

1. Pemkab Tangerang minta faskes bersiap menghadapi hepatitis akut misterius

RSU Tangerang Siapkan Ruangan Khusus Pasien Indikasi Hepatitis AkutIlustrasi hepatitis akut (healtheuropa.eu)

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan meminta fasilitas kesehatan, mulai dari Puskesmas hingga rumah sakit rujukan di wilayahnya untuk bersiap menghadapi adanya kasus hepatitis akut misterius.

"Kami sudah mengimbau kepada surveilans di puskesmas maupun di RS untuk waspada dan siap siaga merespons kejadian acute hepatitis of unknown aetiology itu," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho, Rabu (15/5/2022).

2. Seluruh faskes bisa melakukan pengawasan indikasi kasus hepatitis akut misterius

RSU Tangerang Siapkan Ruangan Khusus Pasien Indikasi Hepatitis AkutIlustrasi hepatitis b (onhealth.com)

Ia pun mengungkapkan, seluruh fasilitas kesehatan di bawah pengawasan Pemkab Tangerang dapat memantau dan melaporkan jika adanya indikasi kasus tersebut.

Pihaknya juga menyarankan petugas pelayanan kesehatan memberikan edukasi mengenai pencegahan dengan tetap menjaga pola hidup sehat terhadap anak serta disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Tentunya dalam pencegahan ini masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat," ujarnya.

3. Belum ditemukan indikasi kasus hepatitis akut misterius

RSU Tangerang Siapkan Ruangan Khusus Pasien Indikasi Hepatitis Akutwebmd.com

Sejauh ini, kata Sumihar, belum ditemukan kasus hepatitis akut yang menyerang anak tersebut di Kabupaten Tangerang. Namun, jajarannya selalu waspada dalam mengantisipasi terjadinya kasus tersebut.

"Sampai saat ini belum ada, tetapi kita tetap waspada," ujarnya.

Baca Juga: Daftar SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya