RSUD Tangerang Rawat 10 Korban Luka Kebakaran Lapas Tangerang

Sebelumnya ada 8 orang yang dirawat di RSUD ini

Tangerang, IDN Times - Korban luka akibat kebakaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IA Tangerang bertambah jadi 10 orang, dari yang sebelumnya 8 orang. Dua narapidana tersebut merupakan korban luka ringan yang sebelumnya dirawat di Poliklinik Lapas.

Humas RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani mengatakan, kedua pasien itu datang pada Rabu malam (8/9/2021). 

"Mereka memang korban yang sebelumnya dirawat di Poliklinik Lapas, tapi ternyata membutuhkan perawatan lanjutan," ujar Hilwani, Kamis (9/9/2021). 

Baca Juga: [BREAKING] Korban Kebakaran Lapas Tangerang Alami Luka Bakar di Atas 50 Persen

1. Pasien datang dengan kondisi luka ringan dan sedang

RSUD Tangerang Rawat 10 Korban Luka Kebakaran Lapas TangerangPetugas Pemadam Kebakaran Melakukan Pemadaman Saat Lapas Tangerang Terbakar pada Rabu (8/9/2021). (instagram.com/infokebakaran_indonesia)

Hilwani menuturkan, kedua pasien tersebut tergolong korban luka ringan dan sedang. Salah satu korban memiliki luka bakar 25 persen dan tidak ditemukan adanya trauma pernapasan. 

"Sementara korban yang satu lagi mengalami luka sobek dan patah tulang pada kakinya karena melompat tembok setinggi dua meter," jelas Hilwani. 

Baca Juga: Kebakaran Lapas Tangerang Harus Jadi Momentum Perbaikan Penjara

2. Dua pasien luka berat mulai membaik

RSUD Tangerang Rawat 10 Korban Luka Kebakaran Lapas TangerangPuluhan mobil ambulans yang membawa jenazah korban kebakaran mengantre untuk masuk RSUD Kabupaten Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Hilwani mengungkapkan, dari 8 korban luka berat yang sebelumnya telah dirawat, dua pasien menunjukkan kondisi yang membaik. 

"Yang luka bakarnya 30 persen, itu mulai membaik," tuturnya. 

3. Seluruh korban masih menjalani perawatan intensif

RSUD Tangerang Rawat 10 Korban Luka Kebakaran Lapas TangerangPetugas menurunkan kantong jenazah korban kebakaran lapas di RSUD Kabupaten Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (dok. IDN Times/Istimewa)

Hingga kini, lanjut Hilwani, seluruh pasien tengah mendapatkan perawatan intensif terutama untuk pasien yang memiliki luka bakar di atas 30 persen hingga 98 persen.

"Karena untuk yang memiliki luka bakar hingga 98 persen itu memiliki trauma jalan nafas sehingga kondisinya masih dalam pemantauan ketat," ungkapnya.

Untuk diketahui, Blok C2 Lapas Klas IA Tangerang terbakar hebat hingga menewaskan 41 narapidana, sedangkan 8 lainnya luka berat, dan 72 lainnya luka ringan.

Berikut kontak yang bisa dihubungi keluarga korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang:

1. Call Center:  0813-8355-7758

2. Lapas Kelas I Tangerang: (021) 5524187

Keluarga juga bisa mendatangi posko di Lapas Tangerang.

Baca Juga: [BREAKING] Yasonna: Kebakaran Lapas Tangerang Diduga Karena Korsleting Listrik

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya