Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam Banjir

Ketinggian air mulai dari 40 hingga 80 centimeter

Tangerang, IDN Times - Intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah wilayah di Tangerang terendam banjir pada Senin (27/2/2023). Seperti beberapa wilayah di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan, dari pantauan pihaknya terdapat 4 wilayah yang alami banjir akibat intensitas hujan yang tinggi sejak tiga hari terakhir. 

"Ada tiga yang ketinggiannya 40 sampai 50 centimeter, yakni berada di Batu Ceper, Karang Tengah dan Benda. Juga beberapa ada di Petir dan Ciledug Indah," ujar Maryono.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Pemkab Tangerang Siapkan 12 Posko Banjir

1. Petugas BPBD sudah ke lokasi untuk membantu mobilitas warga

Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam BanjirIDN Times/Dok. BPBD Kota Tangerang

Menurutnya, seluruh petugas BPBD sudah dikerahkan ke beberapa titik yang terendam banjir. Untuk membantu mobilitas warga ataupun memantau bila mana terjadi peningkatan debit air.

"Karena banjir juga merendam akses jalan, sehingga, menyebabkan lalu lintas macet di beberapa titik banjir tersebut," kata Maryono.

2. Dinas PUPR Kota Tangerang menangani banjir

Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam BanjirIDN Times/Dok. BPBD Kota Tangerang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Ruta Ireng Wicaksono mengungkapkan, debit hujan malam tadi cukup tinggi dengan waktu yang lama. Sejak malam, ratusan petugas DPUPR pun langsung diturunkan untuk melalukan antisipasi penanganan pencegahan banjir. 

DPUPR Kota Tangerang, kata Ruta telah bergegas melakukan normalisasi sungai, saluran atau embung di 13 lokasi sepanjang 61,84 kilometer. Memastikan 27 pintu air dalam kondisi baik, begitu juga dengan pengoperasional 65 pompa banjir yang siap diaktifkan saat genangan naik menjadi banjir. 

"Petugas gabungan juga diturunkan untuk menormalisasi drainase yang tersumbat sampah dan endapan lumpur. Tercatat pemeliharaan drainase dilakukan di 996 ruas dengan panjang 200,6 kilometer," ungkap Ruta. 

3. Dua titik di Kabupaten Tangerang juga terendam banjir

Sejumlah Wilayah di Tangerang Terendam BanjirIDN Times/Dok. BPBD Kabupaten Tangerang

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengatakan, di wilayah Kabupaten Tangerang sendiri, terdapat dua titik banjir yang hingga kini masih menggenang, yakni wilayah Pasar Kemis dan Kronjo.

"Ada di Villa Tomang Baru, Desa Gelam, Kecamatan Pasar Kemis 25 Kepala Keluarga, lalu di Kecamatan Kronjo ada 3 kampung yang terdampak, ketinggian air 50 sampai 80 centimeter," kata Ujat.

Ia menuturkan, para korban banjir tersebut saat ini ada yang mengungsi, namun ada pula yang masih beraktivitas seperti biasa.

"Warga yang terdampak banjirnya tidak terlalu tinggi, mereka masih bekerja, sekolah, dan sebagainya, tapi untuk di Pasar Kemis ada 10 KK yang mengungsi ke Musala dekat lokasi," tuturnya.

Baca Juga: Pecinta Durian, Ada Festival Belah Duren di Mall Tangerang, Nih!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya