Terpengaruh Teman Jadi Faktor Usia Remaja Tertinggi Gunakan Narkoba

Bandar narkoba kerap mengincar anak-anak

Tangerang, IDN Times - Penyalahgunaan narkoba pada usia remaja di Indonesia dinilai sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Badan Narkotika Nasional, Komjen Pol Marthinus Hukom saat Deklarasi Anti Narkoba dan Anti Tawuran, di Kota Tangerang, Jumat (26/7/2024).

“Dari prevelansi penggunaan narkoba pada tahun 2023, kita melihat ada sekitar 37 persen dari survei yang kami lakukan. 37 persen ini dari jumlah 3,3 juta orang yang kami survei tadi, artinya pasar narkoba lewat anak-anak, remaja ini cukup besar,” kata Marthinus.

Baca Juga: Dinsos Kota Tangerang Buka Pendaftaran Jadi Relawan Tagana

1. BNN: kasus narkoba di usia remaja karena terpengaruh teman

Terpengaruh Teman Jadi Faktor Usia Remaja Tertinggi Gunakan NarkobaDok. Pemkot Tangerang

Dengan kondisi saat ini, BNN menilai, pasar narkoba paling banyak diminati oleh usia anak dan remaja. Faktornya pun berasal dari sekitar, yakni dipengaruhi oleh teman sebaya dan juga rasa penasaran ingin mencoba.

“Dan yang disayangkan, kecenderungan jumlah mereka terus bertambah,”ungkapnya.

2. Produsen narkoba incar anak dan remaja

Terpengaruh Teman Jadi Faktor Usia Remaja Tertinggi Gunakan NarkobaDok. Pemkot Tangerang

Marthinus menuturkan, hal ini disebabkan oleh produsen narkoba ini memahami betul kondisi psikologi anak-anak ini yang mudah terpengaruh. Sehingga, menjadi sasaran empuk untuk penyalahgunaan narkoba.

Salah satu pencegahan terbaik adalah membangun ketahanan dari dalam keluarga. Pasalnya, kata dia, orangtua merupakan pemegang otoritas dalam memberikan moral salah atau benar tingkah laku anak tersebut.

"Lalu, moral yang baik ini akan diteruskan dan dibawa ke lingkungan permainannya," tuturnya.

3. BNN juga minta public figure yang terjaring narkoba tak diekspose besar-besaran

Terpengaruh Teman Jadi Faktor Usia Remaja Tertinggi Gunakan NarkobaDok. Pemkot Tangerang

BNN pun mengimbau, tingkah laku para pesohor seperti public figure, selebgram hingga influencer yang tersandung kasus penyalahgunaan narkoba, tidak perlu diekspose besar-besaran, termasuk cara dia menggunakan narkoba dan juga jenis yang digunakan.

“Itu malah bisa memberi contoh, menginspirasi,” tegasnya.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, ribuan siswa SMP dan SMA di Kota Tangerang, melakukan aksi deklarasi anti narkoba dan anti tawuran. Kegiatan remaja baik di lingkungan sekolah atau teman permainan di luar lingkungan sekolah, bisa diisi dengan berbagai kegiatan positif lainnya.

“Dengan kolaborasi antar pihak ini dan upaya yang terus dilakukan, bisa kita jadikan rujukan bersama untuk terus melindungi generasi penerus kita bebas narkoba,” ungkapnya.

Baca Juga: Berantas Judi Online, Pj Wali Kota Tangerang Keluarkan Edaran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya