Unik, Pesawat Garuda Indonesia Pakai Masker

Kampanyekan gerakan, "Ayo Pakai Masker"

Tangerang, IDN Times - Ada yang unik dari desain armada terbaru milik maskapai Garuda Indonesia, dimana pesawat tersebut terlihat memakai masker di bagian hidungnya. Pesawat jenis Airbus 330-900 neo tersebut terlihat memakai masker medis berwarna biru dengan bertuliskan 'Ayo Pakai Masker.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, armada baru tersebut merupakan pesawat pertama di Indonesia yang memiliki livery bermasker. 

"Ini yang pertama ada di Indonesia," ujar Irfan di Hanggar GMF Aeroasia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (1/10/2020).

Baca Juga: PSBB Diperketat, Catat 5 Aturan Baru Penumpang di Bandara Soetta

1. Bertujuan untuk mengkampanyekan gerakan pakai masker di tengah pandemik COVID-19

Unik, Pesawat Garuda Indonesia Pakai MaskerIDN Times/Dok. Garuda Indonesia

Irfan mengatakan, peluncuran armada dengan livery masker tersebut untuk ikut mengampanyekan imbauan pemerintah untuk senantiasa memakai masker di tengah pandemi COVID-19 ini. 

"Sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia senantiasa berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya yang dilaksanakan Pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 yang salah satunya dilakukan melalui kampanye gerakan Ayo Pakai Masker”," ujar Irfan. 

2. Ada lima pesawat yang akan mengenakan masker

Unik, Pesawat Garuda Indonesia Pakai MaskerIDN Times/Dok. Garuda Indonesia

Irfan mengungkapkan, pihaknya berencana akan memasang lima armadanya dengan masker, dimana tiga armada rute domestik dan dua armada rute internasional. 

"Nantinya akan ada lima armada yang dipakaikan masker, dimana tiga armada untuk rute domestik seluruh Indonesia, dan dua armada rute internasional yakni Singapura dan Jepang," ungkap Irfan. 

3. Gambaran komitmen Garuda Indonesia menerapkan protokol kesehatan selama penerbangan

Unik, Pesawat Garuda Indonesia Pakai MaskerIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Irfan menuturkan, pemakaian masker di pesawat ini pun merupakan salah satu gambaran dari komitmen Garuda Indonesia untuk senantiasa memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang, khususnya di masa pandemi COVID-19. 

"Kita ingin meyakinkan penumpang bahwa terbang bersama Garuda itu aman karena protokol kesehatan yang diterapkan dengan baik, makanya pesawatnya aja dipakaikan masker kan," tutur Irfan. 

4. Garuda adakan kompetisi desain masker pesawat bagi generasi millennials

Unik, Pesawat Garuda Indonesia Pakai MaskerIDN Times/Dok. Garuda Indonesia

Pihaknya juga ingin melibatkan generasi millennials untuk ikut mendesain masker di empat pesawat lain yang belum dipakaikan masker. Desain tersebut nantinya hanya akan dipilih empat pemenang yang desainnya akan menghiasi armada Garuda Indonesia. 

"Hadiah pasti kita siapkan, yang paling penting desain masker harus unik, menarik, tidak menggambarkan rasisme, dan menggambarkan ajakan Ayo Pakai Masker, juga dalam bahasa Inggris," kata Irfan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Vaksin Merah Putih vs Vaksin Sinovac

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya