Visa Bermasalah, Belasan Calon Jemaah Haji Tertahan di Bandara Soetta

Mereka memegang visa turis dan amil

Tangerang, IDN Times - Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menunda keberangkatan 14 calon jemaah haji karena mereka tidak menggunakan visa yang sah.

Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto menyebutkan, penyalahgunaan visa dapat teridentifikasi saat menggunakan visa tempel bertuliskan “Turis” maupun “Amil”.

"Pengenalan penumpang menjadi sulit ketika penumpang menggunakan Visa Haji online, mengingat hingga saat ini Imigrasi Indonesia tidak memiliki akses untuk memeriksa validitas Visa Haji Online," kata Tito, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Bandara Soetta Khususkan Terminal 2F untuk Calon Haji

1. Sebelumnya, 46 calon jemaah haji asal Indonesia sempat ditolak otoritas Arab Saudi

Visa Bermasalah, Belasan Calon Jemaah Haji Tertahan di Bandara SoettaIDN Times/Dok. Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta

Tito mengungkapkan, pihaknya memperketat keberangkatan para jemaah haji karena sebelumnya ada 46 calon jemaah haji asal Indonesia sempat ditolak otoritas Arab Saudi saat tiba di sana.

"Untuk meminimalisir risiko pemberangkatan haji tanpa visa sah, Imigrasi Soekarno-Hatta selanjutnya melakukan pengawasan dengan Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Khusus Kementerian Agama RI, serta berkoordinasi aktif dengan seluruh maskapai penerbangan di Bandara Soetta," jelasnya.

2. Mereka berasal dari jadwal penerbangan berbeda

Visa Bermasalah, Belasan Calon Jemaah Haji Tertahan di Bandara SoettaIDN Times/Dok. Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta

Tito mengungkapkan, belasan calon jemaah haji yang ditunda keberangkatannya tersebut tak berasal dari satu rombongan penerbangan yang sama, melainkan berbeda penerbangan.

Tercatat 6 orang menggunakan pesawat Qatar Airways (QR 957), 7 orang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airways (SV 819), dan 1 orang menggunakan pesawat Thai Airways (TG 433). 

“Kami meminta pihak maskapai untuk tidak mencetak boarding pass calon jamaah haji yang ditemukan indikasi penyalahgunaan visa," ungkapnya.

3. Imigrasi mengimbau calon jemaah haji untuk memakai visa haji resmi

Visa Bermasalah, Belasan Calon Jemaah Haji Tertahan di Bandara SoettaIDN Times/Dok. Imigrasi Bandara Soetta

Tito pun mengimbau kepada calon jemaah haji untuk menggunakan visa haji resmi yang dikeluarkan otoritas Arab Saudi. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Sehingga kejadian adanya penolakan terhadap calon jemaah haji tak kembali terulang," ujar Tito.

Baca Juga: Satu Calon Haji Asal Kabupaten Tangerang Meninggal Dunia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya