Walkot Tangerang Ingin Bangun Aerotropolis, Gantikan Jakarta

Arief sebut Kota Tangerang lebih strategis

Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, ingin menjadikan wilayahnya sebagai Kota Aerotropolis. Aerotropolis didefinisikan sebagai kota dengan tata letak, infrastruktur, dan sektor ekonomi berpusat pada bandar udara (bandara) sebagai kota bandara. Seperti halnya konsep kota metropolis, konsep kota aerotropolis pun memiliki kawasan suburban atau pinggir kota. Kawasan ini pun terhubung oleh infrastruktur dan transportasi massal.

"Konsep pengembangannya makanya kan aksesibilitas Kota Tangerang sentralistiknya ke Bandara Soetta," kata Arief.

1. Akses dari Kota Tangerang ke Bandara Soetta sudah terhubung dengan baik

Walkot Tangerang Ingin Bangun Aerotropolis, Gantikan JakartaIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Arief mengungkapkan, saat ini akses yang menghubungkan Kota Tangerang dan Bandara Soetta sudah cukup banyak, seperti Jalan Tol Jakarta-Merak, Tol Soedyatmo, dan Tol Kunciran-Jakarta yang nantinya akan sampai ke Tol Jagorawi.

"Ditambah ada looping tol sampai ke PIK Balaraja muter tujuannya Bandara Soekarno-Hatta, jadi aksesnya sudah banyak," ungkap Arief.

Tak hanya itu, lokasi faktual Bandara Soekarno-Hatta yang berada di Tangerang membuat konsep Aerotropolis cocok jika diterapkan untuk wilayah Kota Tangerang. Pasalnya, selama ini penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Soetta tak tahu bahwa Tangerang lebih dekat dibandingkan Jakarta.

"Karena memang Kota Tangerang lebih strategis untuk dijadikan tempat investasi dibandingkan Jakarta," jelasnya.

2. Arief minta pebisnis yang sering lalu lalang di Bandara Soetta berinvestasi di Kota Tangerang

Walkot Tangerang Ingin Bangun Aerotropolis, Gantikan JakartaJalan Daan Mogot, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Arief menjelaskan, sejak dahulu Kota Tangerang dikenal dengan Kota Seribu Industri. Namun, ia berharap Kota Tangerang juga ke depannya berkembang menjadi kota bisnis dan jasa.

"Sehingga menjadi kota seribu industri sejuta jasa, jadi investor yang ingin menggarap pasar nasional, mereka punya kantor di Kota Tangerang, karena dari Tangerang ke Bali kurang lebih 1,5 jam, dari Tangerang ke Surabaya 1 jam, itulah Tangerang akan lebih strategis ketimbang Jakarta, Jakarta kan macet," katanya.

3. Arief yakin konsep Aerotropolis bakal tingkatkan potensi Bandara Soetta

Walkot Tangerang Ingin Bangun Aerotropolis, Gantikan JakartaDok. PT Angkasa Pura II

Ia meyakini, konsep Aerotropolis akan menunjang ekonomi di Kota Tangerang dan potensi Bandara Soetta itu sendiri, termasuk pengembangan investasi.

"Alhamdulillah kuartal pertama Kota Tangerang ini yang masuk 6,9 T Terbesar se-Provinsi Banten, mudah-mudahan terus meningkat, target investasi sebanyak-banyaknya kalau perlu jangan investasi ke daerah lain, ke Kota Tangerang saja karena ada Bandara Soetta," tegas Arief.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya