[BREAKING] Jenazah Azyumardi Azra Tiba di Indonesia

Jenazah tiba dengan pesawat Batik Air

Tangerang, IDN Times - Jenazah cendekiawan muslim, Azyurmadi Azra tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin malam (19/9/2022) pukul 22.20 WIB. Keluarga almarhum turut mendampingi kepulangan Ketua Dewan Pers itu.

Profesor Azyumardi Azra dipulangkan dari Kuala Lumpur, melalui Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) Malaysia, pukul 20.45 WIB.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono turut mendampingi istri dan anak almarhum Profesor Azyumardi Azra kembali ke Tanah Air, demikian dikutip dari Antara.

Setibanya jenazah di Bandara Soekarno-Hatta, Dubes Hermono langsung melakukan serah terima jenazah Azyumardi Azra kepada Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri.

Sebelumnya, sebanyak 120 personel disiapkan untuk pengamanan kepulangan jenazah Azyumardi ini. "Jenazah almarhum diterbangkan dari Kualalumpur (Malaysia) menggunakan maskapai Batik Air ID 6019," kata Kasatlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq. 

Dalam pengawalan dan pengamanan terhadap kedatangan almarhum Ketua Dewan Pers, kata dia, serupa dengan penanganan sebelumnya, yaitu pada proses kedatangan almarhum Eril Khan Mumtaz, anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada hari Minggu pukul 12.30 waktu setempat. Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9/202) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat kunjungan kerja ke Malaysia.

Selanjutnya, jenazah rencananya disalatkan di Masjid Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Ciputat, Tangerang Selatan, sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Selasa (20/9/2022).

Selama menjalani perawatan, pihak KBRI telah melakukan pendampingan kepada almarhum serta memfasilitasi kedatangan dan kunjungan keluarga almarhum hingga proses kepulangan jenazah ke Indonesia.

Baca Juga: Polisi Bakal Amankan Kedatangan Jenazah Azyumardi Azra

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya