CGS-CIMB Sekuritas Pasang Trashboom di Sungai Cisadane

Sungai Cisadane kerap dapat kiriman sampah

Tangerang, IDN Times - Aliran Sungai Cisadane yang ada di Kabupaten Tangerang kerap mendapatkan kiriman sampah dari daerah lain, lantaran sungai tersebut membentang dari Bogor hingga Tangerang. Hal ini membuat CGS-CIMB Sekuritas membuat program River Trashboom Project-Cerita Sungai.

Program tersebut memasang Trashboom atau jaring sampah yang berlokasi di Sungai Cisadane, Banksasuci Cihuni, Pakulonan Barat, Kabupaten Tangerang.

"Program ini adalah sebuah inisiatif keberlanjutan bertujuan untuk mengatasi masalah lingkungan dan sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi sungai. Proyek ini selaras dengan strategi keberlanjutan Indonesia Stock Exchange (IDX) dan berkontribusi dalam program pemerintah ‘Pencanangan Net Zero Emission di 2060’," kata Lim Kim Siah, President Director of PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga: Potret Terkini TPA Rawa Kucing Tangerang Kebakaran

1. Masyarakat sekitar juga diberikan edukasi merawat sungai dan mendaur ulang sampah

CGS-CIMB Sekuritas Pasang Trashboom di Sungai CisadaneDok. Humas CGS-CIMB Sekuritas

Tak hanya membuat penjaring sampah (Trashboom) saja, namun pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang hidup di bantaran sungai tersebut, mengenai dampak pencemaran lingkungan sekitar sungai, manfaat dibangunnya penjaring sampah (Trashboom), hingga keberlangsungan dari proyek ini. 

"Selain itu, kami juga melakukan penanaman 100 bibit pohon di area bantaran Sungai Cisadane tersebut," jelasnya.

Selain bertujuan untuk menjaring sampah yang mengalir di sungai tersebut, nantinya sampah tersebut dapat dikelola dan didaur ulang untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar, edukasi yang komprehensif juga diberikan kepada masyarakat sekitar mengenai dampak perubahan iklim, pengurangan timbunan sampah padat yang berpotensi mengurangi emisi karbon di udara, potensi untuk mengurangi masalah banjir, serta mengurangi jumlah sampah di laut. 

"Tentunya hal ini merupakan bukti dari upaya berkelanjutan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang bertanggung jawab dan kredibel bagi pelaku pasar, dan merupakan aksi perubahan iklim secara nyata," ungkapnya.

2. Investor diharapkan bisa turut serta berkontribusi untuk program tersebut

CGS-CIMB Sekuritas Pasang Trashboom di Sungai CisadaneDok. Humas CGS-CIMB Sekuritas

Dalam mewujudkan kegiatan tersebut, pihaknya juga mendapatkan dukungan penuh dari Indonesia Stock Exchange (IDX), bekerja sama dengan NGO (Non-Governmental Organization) SeaSoldier.

"di mana SeaSoldier merupakan NGO yang berdiri pada tahun 2015 dan bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya anak muda berkomitmen untuk mengubah pola hidup masyarakat menjadi peduli terhadap lingkungan," jelasnya.

Melalui proyek ini, diharapkan investor turut serta berkontribusi secara langsung nantinya, dengan menyelenggarakan River Trashboom Project–Cerita Sungai lainnya di Indonesia. Menjaga lingkungan hidup, penggunaan sumber daya secara bijaksana dan mendukung kesejahteraan sosial melalui pemberdayaan masyarakat sekitarnya, merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia di muka bumi ini. 

"Mari bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, dan mari kita mulai dengan melakukan aksi nyata di negara tercinta Indonesia!" tegasnya.

3. Pelestarian lingkungan bisa membuat masa depan lebih baik

CGS-CIMB Sekuritas Pasang Trashboom di Sungai CisadaneDok. Humas CGS-CIMB Sekuritas

Nadine Chandrawinata, Founder & Executive Director of Seasoldier Foundation, mengatakan Cerita Sungai merupakan keberlanjutan dari Program Pondok Pemuda yang telah dilaksanakan pada tahun 2022 bekerja sama dengan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, yang telah menghasilkan sebuah proyek akhir untuk mengatasi masalah pencemaran sungai yang juga mempunyai andil besar dalam pencemaran laut. 

"Sudah menjadi komitmen kami untuk dapat merealisasikan dan proyek tersebut menjadi sebuah aksi nyata. Oleh karena itu, Seasoldier didukung penuh oleh CGS-CIMB Sekuritas Indonesia untuk mewujudkannya yang bertujuan mengatasi masalah pencemaran sungai serta memberikan edukasi kepada masyarakat bantaran sungai untuk lingkungan yang lebih baik di masa yang lebih baik," ungkapnya.

Risa E Rustam, Direktur PT Bursa Efek Indonesia, mengatakan pihaknya mendukung inisiasi River Trashboom Project-Cerita Sungai yang merupakan upaya untuk mendorong pelestarian lingkungan berkelanjutan di Indonesia. 

"Kami berharap River Trashboom Project tidak hanya memberikan kesadaran kepada banyak pihak untuk menjaga kebersihan sungai dan keberlanjutan lingkungan, namun juga memberikan inspirasi kepada pihak lainnya untuk melakukan hal serupa di seluruh Indonesia," jelasnya.

Pasalnya, melestarikan alam merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu BEI mengajak seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan sekaligus keindahan sungai serta lingkungan di Indonesia.

"Untuk masa depan yang lebih sehat dan alam yang lebih lestari," pungkasnya.

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya