Dinkes Tangerang Imbau Remaja Wanita Minum Tablet Penambah Darah

Ibu yang anemia bisa sebabkan anak stunting

Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang meminta remaja wanita untuk minum tablet penambah darah sejak dini. Hal tersebut untuk memutus rantai stunting

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Mugiya Wardhany menjelaskan, stunting bukan hanya permasalahan gizi bayi. Pencegahan stunting bahkan harus dimulai sedini mungkin dari usia remaja hingga masa kehamilan.

"Dalam hal ini, remaja Kota Tangerang diimbau untuk rutin mengkonsumsi TTD, yaitu satu tablet seminggu sekali. Disertai dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan juga jaga kebersihan," jelas Mugi, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Pemprov Banten Alokasikan Rp698 Miliar untuk Atasi Stunting

1. Anemia penyebab banyak penyakit di usia dewasa

Dinkes Tangerang Imbau Remaja Wanita Minum Tablet Penambah DarahDok. Pemkot Tangerang

Kata Mu sertagi, upaya ini bermanfaat untuk mencegah anemia yang berakibat pada kerentanan terhadap penyakit di usia dewasa, penurunan produktivitas dan prestasi siswa menyiapkan mereka untuk melahirkan bayi yang sehat terhindar dari stunting.

“Stunting itu yang paling penting adalah sebelum hamil, ibunya harus sehat. Kalau adik-adik tidak sehat, anaknya nanti pasti stunting. Karenanya selama remaja tidak boleh anemia, anemia itu zat besinya kurang. Kalau diperiksa HB di bawah 12,” katanya.

2. Pemeriksaan kadar hemoglobin juga bisa dilakukan 6 bulan sekali

Dinkes Tangerang Imbau Remaja Wanita Minum Tablet Penambah DarahDok. Pemkot Tangerang

Sebagai bentuk kewaspadaan dini, Mugi menyarankan, para remaja putri rutin melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin setidaknya 6 bulan atau 1 tahun sekali. Pemeriksaan bisa dilakukan di puskesmas tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Pesan saya buat remaja puteri, supaya hidupnya sehat, anaknya nanti tidak stunting, tes darah minimal satu tahun sekali. Kalau angkanya di bawah 12 harus minum TTD, kalau HB sudah di atas 13, jaga kesehatannya, makannya yang cukup,” pesannya.

3. Remaja wanita juga diimbau makan makanan bergizi

Dinkes Tangerang Imbau Remaja Wanita Minum Tablet Penambah DarahDok. Pemkot Tangerang

Di samping itu, Mugi juga mengimbau remaja putri untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang. "Terutama makanan tinggi protein yang kaya akan zat besi serta memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, E dan A," katanya.

Baca Juga: 6 Ton Sampah Liar di Kampung Ciapus Tangerang Diangkut DLHK

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya