Kabur ke Tiongkok, Pelaku KDRT Dipulangkan Melalui Bandara Soetta

Paspor tersangka telah dicabut oleh Imigrasi

Tangerang, IDN Times - ETT (35), warga negara Indonesia asal Jakarta Utara dipulangkan paksa oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou karena dia terjerat kasus kekerasan dalam rumah tangga. 

Untuk memulangkan ETT, KJRI Guangzhou bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. ETT diketahui setelah kabur usai terjerat kasus KDRT dan menjadi buronan.

Baca Juga: Masih Ada Rumah Berlantai Tanah di Sekitar Bandara Soetta

1. ETT ditangkap pada 15 Januari di Tiongkok

Kabur ke Tiongkok, Pelaku KDRT Dipulangkan Melalui Bandara SoettaDok. Imigrasi Bandara Soetta

Konsul Imigrasi KJRI Guangzhou, Wijaya Adibrata menjelaskan, ETT ditangkap pada 15 Januari lalu oleh Fungsi Imigrasi KJRI Guangzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

"Yang bersangkutan adalah DPO Polres Metro Jakut atas dugaan tindak kriminal berdasarkan Pasal 44 UU No. 23 Tahun 2004," kata Wijaya. 

ETT kemudian dipulangkan dari tempat pelariannya di Guangzhou, Tiongkok melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Selasa (16/1/2024).

1. Paspor RI milik ETT juga sudah dicabut

Kabur ke Tiongkok, Pelaku KDRT Dipulangkan Melalui Bandara SoettaDok. Imigrasi Bandara Soetta

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi telah mencabut paspor RI milik ETT saat yang bersangkutan masuk daftar buronan polisi. ETT juga dimasukkan dalam daftar pencegahan Ditjen Imigrasi terhitung tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

"Pencabutan paspor RI milik ETT dilakukan dalam rangka membatasi mobilitasnya selama menjalani proses hukum. Ia dilaporkan ke kantor polisi oleh istrinya, SAG, pada 4 November 2023,” ujar Wijaya.

2. Selama perjalanan dari Tiongkok ke Indonesia, ETT dikawal petugas

Kabur ke Tiongkok, Pelaku KDRT Dipulangkan Melalui Bandara SoettaDok. Imigrasi Bandara Soetta

Sementara itu, Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Saffar Muhammad Godam, menuturkan bahwa ETT dipulangkan ke Indonesia pada hari yang sama dengan penangkapannya. Ia bertolak dari Beijing menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA899 pukul 15:45 waktu setempat. 

"Selama perjalanan tersebut yang bersangkutan dikawal oleh Konsul Imigrasi, Konsul Protokol dan Konsuler, beserta Staf pada KBRI Guangzhou," tuturnya.

3. ETT telah diserahkan ke Polres Metro Jakarta Utara

Kabur ke Tiongkok, Pelaku KDRT Dipulangkan Melalui Bandara SoettaDok. Imigrasi Bandara Soetta

Setibanya di Indonesia, ETT diserahterimakan kepada petugas dari Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian yang kemudian menyerahkan kepada petugas dari Polres Metro Jakarta Utara.

“Imigrasi akan terus bersinergi dengan semua penegak hukum. Ini adalah salah satu bentuk nyata sinergisitas dengan pihak kepolisian dalam menjaga tegaknya hukum negara kita,” kata Godam.

Baca Juga: Bandara Soetta Layani 2,62 Juta Penumpang Periode Nataru

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya