Menhub Minta Maskapai Tak Naikkan Harga Tiket Tinggi Saat Nataru 

Menhub juga minta tak ada antrean lagi di taxiway

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan tak menaikkan harga tiket pesawat dengan tarif terlalu tinggi. Hal tersebut agar tak memberatkan masyarakat yang hendak merayakan Natal di kampung halaman.

"Bu Dirjen (Perhubungan Udara) sudah memberikan surat dan saya juga sudah berkomunikasi dengan maskapai agar jangan memberikan tarif tinggi," kata Menhub di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (24/12/2022).

Baca Juga: Ekspor Produk Laut Melalui Bandara Soetta Masih Rendah

1. Menhub Budi minta rute penerbangan merata ke seluruh Indonesia

Menhub Minta Maskapai Tak Naikkan Harga Tiket Tinggi Saat Nataru IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya soal tarif tinggi, Menhub Budi juga meminta maskapai untuk menyediakan rute merata ke seluruh Indonesia, agar masyarakat yang hendak merayakan Natal tak kesulitan mencari transportasi.

"Upayakan coverage seluruh Indonesia, agar dapat dijangkau dengan baik misalnya ke Papua, Ambon, NTT, kalau konektivitas tidak ada, repot," tutur Menhub.

2. Menhub Budi juga minta pengelola Bandara Soetta menambah jam operasional

Menhub Minta Maskapai Tak Naikkan Harga Tiket Tinggi Saat Nataru IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menhub Budi juga meminta PT Angkasa Pura II, selalu pengelola Bandara Soetta untuk menambah jam operasional. Hal tersebut agar tidak ada penumpukan penumpang di jam-jam tertentu.

"Sehingga mereka bisa take-off landing malam, maksimalkan bandara semaksimal mungkin dan tolong dikontrol jangan sampai ada antrean," jelasnya.

3. Menhub Budi menilai masih ada antrean di taxiway Bandara Soetta

Menhub Minta Maskapai Tak Naikkan Harga Tiket Tinggi Saat Nataru IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dalam periode Nataru ini, pengelola Bandara Soetta dan maskapai masih belum maksimal dalam mengatur slot penerbangan pesawat. Di mana, hal tersebut lantaran maskapai masih berebut slot di golden time, seperti pagi hari.

"Akibatnya pesawat antri take-off landing, itu mengakibatkan delay, kita akan batasi, maksimal jam berapa, menginap tidak di Jakarta, menginap di Medan, sampai sini pagi, sehingga maksimalisasi aircraft, tapi tidak tertumpu pada jam tertentu, kita sudah ada 3 runway engga boleh lagi antri, sekarang masih 7 antrean," jelasnya.

Baca Juga: Menhub: 44 Juta Orang Akan Mudik di Libur Nataru 

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya