Pemkab Tangerang Sediakan Pemeriksaan Gratis untuk Hewan Kurban

Pedagang bisa hubungi DKPK untuk manfaatkan layanan ini

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) menyediakan layanan pemeriksaan hewan kurban gratis. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran penyakit menular pada hewan kurban yang diperdagangan di wilayahnya tersebut.

"Para peternak atau pedagang hewan kurban bisa datang ke kami jika ingin melakukan pemeriksaan hewan secara mandiri dan kami juga siapkan dokter yang ada di wilayah masing-masing," ungkap Kepala DPKP, Asep Jatmiko, Jumat (24/5/2024).

Baca Juga: 5 Tempat Main Seru Bareng Teman di Tangerang, Bisa Sewa PS Murah!

1. Pedagang bisa datang ke bidang kesehatan hewan

Pemkab Tangerang Sediakan Pemeriksaan Gratis untuk Hewan KurbanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Ia menyebutkan, penjual atau peternak hewan kurban yang hendak melakukan pemeriksaan kesehatan, bisa meminta bantuan ke bidang pengendalian kesehatan hewan dan kesmavet pada Dinas Pertanian setempat.

“Kalau ada masyarakat yang memang ingin memeriksakan hewannya bisa langsung menghubungi bidang Keswan,” ujarnya.

2. Pemeriksaan jemput bola tetap dilakukan

Pemkab Tangerang Sediakan Pemeriksaan Gratis untuk Hewan KurbanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Meski membuka pelayanan pemeriksaan hewan gratis, Asep menyebutkan bila pihaknya juga memeriksa hewan kurban secara jemput bola ke pedagang-pedagang hewan kurban yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Sebagai pengawasan di lapangan, 100 petugas diterjunkan. Sebelumnya, petugas-petugas ini dibekali pengetahuan mengenai ciri-ciri penyakit hewan menular dan zoonosis serta hewan yang layak dijadikan hewan kurban.

“Bila telah dibekali barulah petugas tersebut turun ke lapak-lapak penjualan dan penampungan hewan kurban. Kemudian nantinya akan diberikan tanda sehat baik dari hewan itu sendiri maupun lapak berupa stiker,” ujarnya.

3. DPKP juga mewaspadai penyakit PMK dan LSD

Pemkab Tangerang Sediakan Pemeriksaan Gratis untuk Hewan KurbanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan dokter hewan bila nanti ditemukan adanya hewan terindentifikasi mengalami penyakit seperti PMK dan LSD Namun, sejauh ini belum ada laporan ataupun diketemukan hewan yang mengidap penyakit hewan menular atau zoonosis.

“Sebab, kami juga rutin memeriksa dan memberikan vaksin kepada hewan ternak yang ada di Kabupaten Tangerang ini. Tidak hanya sapi, kerbau, kambing dan domba pun rutin divaksinasi,” kata dia.

Baca Juga: Galeri UMKM Kota Tangerang Tembus Angka Penjualan Rp400 Juta

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya