Pemkab Tangerang Temukan Cacing Hati di 8 Hewan Kurban

Hati hewan yang mengandung cacing, dimusnahkan

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang menemukan 8 hewan kurban yang terpapar cacing hati. Cacing itu ditemukan saat dilakukan pemotongan saat Hari Raya Idul Adha.

Adapun, delapan hewan kurban tersebut yakni satu ekor kerbau dan tujuh ekor sapi.

"Betul, kami terima laporan ada delapan kasus cacing hati pada hewan kurban," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Joko Ismadi, Rabu (19/6/2024).

1. Bagian hati yang terdapat cacing sudah dimusnahkan

Pemkab Tangerang Temukan Cacing Hati di 8 Hewan KurbanDok. Pemkab Tangerang

Joko mengungkapkan, usai mendapatkan laporan tersebut, pihaknya pun telah memusnahkan bagian hati hewan yang terdapat cacing tersebut. 

"Tapi bagian dagingnya aman untuk dikonsumsi, jadi dibagikan ke masyarakat seperti biasa, yang dimusnahkan hanya bagian hatinya," kata Joko.

2. Petugas tidak menemukan kasus PMK atau antraks

Pemkab Tangerang Temukan Cacing Hati di 8 Hewan KurbanDok. Pemkab Tangerang

Dari pemeriksaan hewan kurban, kata Joko, belum ditemukan hewan kurban yang menderita penyakit berbahaya, termasuk mulut dan kuku (PMK) atau pun antraks.

"Tetapi ini juga belum final, kami pendataan sampai selesai hari tasyrik," ungkap Joko.

3. Ada 32.184 ekor hewan kurban yang telah diperiksa

Pemkab Tangerang Temukan Cacing Hati di 8 Hewan KurbanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Berdasarkan laporan sementara dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban terhadap 32.184 ekor, antara lainnya seperti 8.344 ekor sapi, 40 ekor kerbau, 4.573 ekor kambing dan 19.227 ekor domba.

Sementara itu, sebanyak 4.747 ekor hewan diantaranya 1.349 ekor sapi, 14 ekor kerbau, 847 ekor kambing dan 2.537 ekor domba telah dipotong di 26 kecamatan dengan 392 titik lokasi di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Lagi! Sapi Kurban Ngamuk di Tangsel Seruduk Motor Warga

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya