Pemudik Bisa Titip Kendaraan di Kantor Polisi di Tangerang Gratis

Pemudik bisa titipkan kendaraannya di Polsek dekat rumah

Tangerang, IDN Times - Jajaran Polres Metro Tangerang Kota membuka layanan penitipan kendaraan sepeda motor dan mobil bagi pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah mendatang. Penitipan tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjelaskan, layanan penitipan kendaraan bermotor gratis ini diadakan agar pemudik merasa tenang dan nyaman saat meninggalkan kendaraan pribadi. 

"Layanan penitipan kendaraan bermotor ini, merupakan agenda rutin tahunan Polres Metro Tangerang Kota menghadapi perayaan hari besar keagamaan kepada masyarakat Tangerang," kata Zain, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: Rekomendasi Mal dengan Masjid Luas di Tangerang

1. Pemudik bisa titipkan kendaraan di polres maupun polsek terdekat dari rumah

Pemudik Bisa Titip Kendaraan di Kantor Polisi di Tangerang GratisDok. Pemkot Tangerang

Dalam pelaksanaannya, kata Zain pemudik dapat menitipkan kendaraannya di Mapolres Metro Tangerang Kota atau polsek-polsek terdekat dengan kediamannya.

"Nantinya warga bisa menitipkan kendaraan bermotornya di polres atau polsek terdekat dengan menghubungi Nomor Layanan Hotline yang telah kami persiapkan," katanya.

Adapun waktu pelayanan penitipan kendaraan bermotor Polres Metro Tangerang Kota dan Polsek Jajaran dibuka mulai H-7 sampai H+7 selama Lebaran.

"Untuk syarat dan ketentuan penitipannya, warga hanya perlu membawa dan menunjukkan identitas kepemilikan kendaraan berupa BPKB/STNK dan KTP pemilik agar mudah kami datakan," bebernya.

2. Penitipan motor dilakukan untuk menekan angka kriminalitas

Pemudik Bisa Titip Kendaraan di Kantor Polisi di Tangerang GratisDok. Pemkot Tangerang

Selain itu, layanan penitipan kendaraan bermotor ini juga untuk menekan angka kriminalitas maupun kecelakaan lalu lintas saat musim mudik lebaran Idul Fitri 2024 nanti.

"Kami mengimbau khususnya kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya untuk sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor ketika mudik,” kata Zain.

Pemudik pun, diimbau untuk mudik menggunakan kendaraan umum agar menekan resiko lebih tinggi akibat laka lantas. Pasalnya, mengemudi terlalu lama, jauh jaraknya serta terkuras fisiknya dalam menempuh perjalanan ke kampung halaman, sehingga pengendara mengalami kelelahan dan turunnya konsentrasi pada saat menempuh perjalanan.

"Keutamaan Lebaran adalah bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Jangan sampai terjadi risiko dalam perjalanan mudik ini, tentu juga kami (polisi) menekan terjadinya angka kecelakaan," tuturnya.

3. Polisi juga bakal lakukan patroli di rumah-rumah kosong selama musim mudik

Pemudik Bisa Titip Kendaraan di Kantor Polisi di Tangerang GratisDok. Pemkot Tangerang

Selain itu, pihak kepolisian akan melakukan patroli di rumah-rumah kosong. Patroli akan berjalan intensif untuk mencegah terjadinya pencurian atau pembobolan rumah kosong yang ditinggalkan pemudik.

"Saya lebih mengedepankan sistem keamanan lingkungan. Kami dari petugas hanya akan melakukan patroli, diintensifkan. Ya kami bisa melihat memang namanya pencurian ada niat tidak baik dan kesempatan. Oleh karena itu dengan adanya patroli diharapkan dapat mencegah bertemunya niat dan kesempatan pelaku kejahatan," tuturnya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Tangerang

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya