Pengelola Bandara Soetta Minta Penumpang Naik Transportasi Umum

Kapasitas parkir di Bandara Soetta terbatas

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) meminta kepada pengguna jasa untuk menggunakan transportasi umum. Hal tersebut lantaran kapasitas parkir di bandara terbatas. 

Terutama setelah pandemik COVID-19, pergerakan penumpang mulai berangsur pulih. “Kami berharap agar pengguna jasa Bandara khususnya penumpang pesawat untuk menggunakan transportasi umum baik dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta,” kata Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta M Holik Muardi pada Sabtu (25/2/2023).

Menurut dia, penggunaan transportasi umum itu untuk menghindari kepadatan dan meminimalisir kasus kecelakaan lalu lintas di kawasan Bandara Soetta. Pada akhirnya, semua itu berdampak kepada kenyamanan pengguna jasa itu sendiri.

Baca Juga: Pura-pura Jadi Calon Penumpang, Pria Ini Nyolong HP di Bandara Soetta

1. Kapasitas parkir di seluruh terminal hanya bisa menampung 7.800 kendaraan

Pengelola Bandara Soetta Minta Penumpang Naik Transportasi UmumIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Berdasarkan data yang diperoleh, kendaraan yang masuk atau melintas ke kawasan Bandara Soetta sedikitnya 12 ribu per hari, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih. "Tapi itu belum tentu parkir, ada yang hanya drop off tanpa parkir," ujarnya

Dari 12 ribu kendaraan yang datang, lanjut Holik, area parkir khususnya kendaraan jenis mobil di seluruh terminal penumpang hanya dapat menampung kurang lebih 7.800 kendaraan.

“Kantong parkir mobil yang tersedia di Terminal 1 sebanyak 2.317, Terminal 2 sebanyak 1.340 dan Terminal 3 sebanyak 2.714 baik di gedung parkir Internasional maupun gedung domestik dan area parkir outdoor terminal domestik,” ujar Holik.

2. Antrean ke gedung parkir kerap terjadi

Pengelola Bandara Soetta Minta Penumpang Naik Transportasi UmumIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tingginya jumlah kendaraan yang masuk ke kawasan Bandara Soetta, lanjut Holik, tidak sebanding dengan ketersediaan parkir yang ada sehingga kemacetan kerap terjadi.

“Seperti yang kita ketahui, pada jam jam tertentu sering terjadi kemacetan baik di jalan raya bandara bahkan ada antrean panjang di pintu masuk area parkir terminal penumpang,” katanya.

3. Tarif parkir bakal disesuaikan pada Maret 2023

Pengelola Bandara Soetta Minta Penumpang Naik Transportasi UmumIDN Times/Dok. Maya Aulia Aprilianti

Lebih lanjut Holik mengatakan, pihaknya tengah mengevaluasi tarif parkir yang berlaku saat ini di kawasan Bandara Soetta. Tidak menutup kemungkinan, tarif parkir di Bandara Soetta akan disesuaikan dalam waktu dekat ini.

“Saat ini kami sedang mengevaluasi tarif parkir kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat atau lebih. Apakah nantinya ada penyesuaian tarif atau tidak, kami masih mengevaluasi,” jelasnya.

Baca Juga: September 2022, Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya