Penumpang Bandara Soetta Saat Nataru Diprediksi Naik 80 Persen

Data tersebut dibandingkan periode yang sama pada 2021-2022

Tangerang, IDN Times - Pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diprediksi naik 80 persen. Kenaikan tersebut jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021/2022 lalu.

Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, jumlah di atas merupakan prediksi pada puncak arus penerbangan di tanggal 23 Desember 2022.

"Dimana peak day terjadi H-2, sekitar tanggal 23 Desember nanti. Untuk arus balik lebih sedikit dibanding arus keberangkatan dan terjadi diprediksi pada H+5 setelah Natal," jelas Dwi, Senin (19/12/2022). 

1. Diperkirakan ada 159.282 penumpang yang melintas di Bandara Soetta

Penumpang Bandara Soetta Saat Nataru Diprediksi Naik 80 PersenIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Berdasarkan data yang didapatkan, diperkirakan akan ada 159.282 penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada periode Nataru 2022-2023. Sementara, untuk pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada libur Nataru 2022-2023 juga ada peningkatan dan diperkirakan mencapai 1.090 per hari. 

Menurut Dwi, ada peningkatan sekitar 12 persen bila dibandingkan dengan jumlah penerbangan pada hari biasa di Bandara Soekarno-Hatta. Sebab, Rata-rata jumlah penumpang per hari di bandar udara terbesar di Indonesia itu hanya mencapai 130 orang. 

"Bila dibandingkan tahun lalu, penumpang ada kenaikan 80 persen sementara pergerakan pesawat 48 persen dibandingkan 2021," beber Dwi. 

2. Tahun lalu masih dibatasi prokes ketat

Penumpang Bandara Soetta Saat Nataru Diprediksi Naik 80 PersenIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hal tersebut, lanjutnya, dipengaruhi karena masih ketatnya peraturan soal protokol kesehatan (prokes) COVID-19 untuk penumpang pesawat terbang. Sedangkan, untuk periode saat ini penumpang hanya harus vaksin booster tanpa menyertai surat bebas COVID-19.

"Dapat dipahami tahun 2021 masih ketat protokol kesehatan untuk terbang dari bandara, sehingga ada peningkatan tahun ini meski pun prokes tetap ada," jelas Dwi. 

3. Fasilitas disiapkan agar tak ada penumpukan penumpang 

Penumpang Bandara Soetta Saat Nataru Diprediksi Naik 80 PersenIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara, Director of Operation Angkasa Pura II Muhamad Wasid menjelaskan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk selama angkutan nataru 2022. Pihaknya pun telah menyiapkan berbagai program untuk menyeimbangkan kapasitas terminal.

“Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya program penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022," ujar Wasid.

Bandara Soekarno-Hatta juga membuka lounge umrah temporer di area GCC yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara. Hal itu untuk mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang. 

Lounge umrah dilengkapi VIP room, reguler room, serta berbagai fasilitas seperti musala, kafe dan kantin. Sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi meeting point atau ruang tunggu bagi jemaah. 

"Lounge umrah GCC dibuka 18 Desember 2022 agar peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season akhir tahun dapat tertangani dengan baik," ujar Wasid. 

Di samping itu, untuk menambah kenyamanan penumpang pesawat, Angkasa Pura II juga telah menata desain interior Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan konsep Pintu Gerbang Indonesia di area departure gate domestik dan check in area domestik.

Baca Juga: September 2022, Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya