Saling Dorong di Pengundian Nomor Urut Pilkada Kabupaten Tangerang

Jumlah pendukung dibatasi

Intinya Sih...

  • Ratusan pendukung calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang memaksa masuk ke KPU
  • Kabag Ops Polresta Tangerang menegaskan batasan jumlah pendukung saat pengundian nomor urut paslon
  • Ada 700 personel gabungan yang diterjunkan untuk pengamanan di sekitar Kantor KPU Kabupaten Tangerang

Tangerang, IDN Times - Ratusan simpatisan dan pendukung salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang memaksa masuk ke dalam gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Senin malam (23/9/2024). Mereka memenuhi halaman luar gedung tersebut untuk merangsek masuk ke area pengundian nomor urut calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang.

Aksi saling dorong antara petugas kepolisian dari Polres Kota Tangerang dan para simpatisan pun terjadi, lantaran tetap memaksa masuk ke area yang sudah dilakukan sterilisasi.

"Kami ingin masuk, ingin memberi dukungan bagi pasangan yang kami dukung, jangan dilarang," kata Ozi, salah satu simpatisan.

Baca Juga: Ini Nomor Urut 3 Paslon di Pilkada Kota Tangerang

1. Jumlah pendukung yang bisa masuk ke dalam KPU sudah disepakati

Saling Dorong di Pengundian Nomor Urut Pilkada Kabupaten TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Kabag Ops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih pun menegaskan, ada batasan jumlah simpatisan saat pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) karena keterbatasan ruangan. Hal itu sudah disepakati oleh KPU Kabupaten Tangerang. 

Dalam aturan, setiap simpatisan ataupun partai politik pendukung pun diwajibkan mengenakan tanda pengenal khusus untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban. 

"Semua yang akan mengikuti pengundian ini, baik dari pendukung, hingga calon, berdasarkan kesepakatan yang ada wajib pakai id card atau tanda pengenal resmi dari KPU Kabupaten Tangerang. Yang tidak ada, mohon maaf tidak bisa masuk," ujarnya.

2. Sebanyak 700 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan pengundian nomor urut

Saling Dorong di Pengundian Nomor Urut Pilkada Kabupaten TangerangIlustrasi Pilkada

Ada 700 personel gabungan yang diterjunkan untuk pengamanan di sekitaran Kantor KPU Kabupaten Tangerang, di Jalan KH Syekh Nawawi, Desa Mata Gara, Kecamatan Tigaraksa, Senin malam. Dari jumlah itu, 500 personel dari Kepolisian dan TNI, Satpol-PP serta Dishub sebanyak 200 personel.

Mereka bertugas mengawal massa pendukung masing-masing pasangan calon, baik dari titik kumpul hingga pengantaran sampai ke kantor KPU Kabupaten Tangerang, saat pengundian nomor urut paslon itu.

"Kami juga mengimbau para pendukung dilarang membawa senjata tajam ataupun benda berbahaya pada saat pelaksanaan pengundian nomor urut paslon," ungkapnya.

3. Ada tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang pada Pilkada 2024

Saling Dorong di Pengundian Nomor Urut Pilkada Kabupaten TangerangIlustrasi Pilkada (IDN Times/Foto: Dok. KPU)

Untuk diketahui, terdapat tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang yang mengikuti gelaran Pilkada 2024. Mereka adalah Maesyal Rasyid - Intan Nurul Hikmah, Mad Romli - Irvansyah, dan Zulkarnain - Lerru Yustira.

Baca Juga: KPU Kota Tangerang Resmi Menetapkan 3 Paslon

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya